
Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) melalui Lembaga Pengkajian, Pengembangan dan Pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LP3IK) menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum dan Buku Ajar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) pada Jumat–Sabtu, 26–27 September 2025 di Garden Hotel, Mataram. Kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam memperkuat nilai-nilai Islam berkemajuan di dunia pendidikan tinggi serta memperkokoh identitas perguruan tinggi Muhammadiyah sebagai pusat lahirnya generasi yang berilmu dan berakhlak mulia.
Kepala LP3IK UMMAT, Dr. Muhammad Anugrah Arifin, M.Pd.I., menjelaskan bahwa workshop ini diinisiasi karena adanya kebutuhan mendesak untuk menyempurnakan kurikulum AIK yang telah diluncurkan oleh Muhammadiyah. Kurikulum tersebut harus diterjemahkan dalam konteks pembelajaran yang lebih aplikatif dan sesuai dengan karakteristik mahasiswa UMMAT.
“Kegiatan ini lahir dari kerisauan terhadap implementasi Kurikulum AIK. Kami ingin memastikan AIK di UMMAT tidak hanya berhenti pada dokumen formal, tetapi benar-benar hidup dalam praktik pembelajaran. Perkembangan buku ajar AIK ini merupakan tajdid atau pembaruan agar mahasiswa UMMAT menjadi insan berilmu, beriman, dan berkemajuan,” jelasnya.
Rektor UMMAT, Drs. Abdul Wahab, MA., menekankan pentingnya AIK sebagai ruh dalam sistem pendidikan Muhammadiyah. Ia menambahkan bahwa pembaruan kurikulum dan buku ajar AIK diharapkan menjadi motor penggerak lahirnya mahasiswa yang unggul tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga dalam akhlak dan kontribusi sosial.

“Semoga dari kegiatan ini kita bisa mengikuti perkembangan AIK yang terus beradaptasi dengan kebutuhan zaman. AIK adalah jati diri perguruan tinggi Muhammadiyah, dan kita punya tanggung jawab untuk menjaganya agar tetap relevan dan kontekstual,” ungkapnya.
Hadir secara khusus memberikan arahan, Prof. Dr. Tabroni, M.Si. dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, yang menyampaikan pesan penuh makna. Ia menggarisbawahi bahwa kualitas pengelolaan AIK berbanding lurus dengan kualitas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA).
“Saya punya hipotesis, kalau AIK-nya baik maka PTM juga baik. Sebaliknya, kalau AIK bermasalah maka PTM pun akan bermasalah. Tingkatan tertinggi dalam pengelolaan AIK adalah ketika kampus sudah mencapai loving AIK bahkan mainstreaming AIK. Harapan saya, UMMAT bisa mencapai level itu,” tegasnya.
Prof. Tabroni juga menekankan bahwa mengelola Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) tidaklah mudah. Diperlukan fondasi yang kuat dalam tiga spirit Islam: Pertama, Spirit Tauhid, yang murni dan menjadi landasan dakwah. Kedua, Spirit Ilmu Pengetahuan, agar perguruan tinggi melahirkan lulusan berwawasan luas dan tidak sekadar mengantongi ijazah. Ketiga, Spirit Al-Islam, yang menjadi energi penggerak bagi semua sivitas akademika dalam membumikan nilai Islam berkemajuan.
Sebagai penutup, seluruh peserta sepakat bahwa AIK bukan sekadar mata kuliah wajib, melainkan identitas, ruh, dan napas perjuangan perguruan tinggi Muhammadiyah. Dengan semangat tajdid, UMMAT berkomitmen melahirkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga membawa misi pencerahan peradaban melalui Islam berkemajuan. (HUMAS UMMAT)