
Dokumentasi TIM Internal Fakultas Ilmu Kesehatan UMMAT
Mataram, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) mencatat langkah penting dalam pengembangan pendidikan kesehatan dengan menyelenggarakan Evaluasi Lapangan pembukaan program studi baru, yakni Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA). Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 11 November 2025, bertempat di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat UMMAT.
Evaluasi lapangan ini menjadi bagian krusial dalam proses pendirian program studi baru yang diajukan oleh UMMAT kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Tujuan kegiatan ini adalah memastikan kesiapan akademik, sumber daya manusia, infrastruktur, serta tata kelola lembaga sebelum memperoleh izin operasional resmi.
Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UMMAT, Drs. Abdul Wahab, M.A.; Dekan FIK UMMAT, Apt. Nurul Qiyaam, M.Farm.Klin., MARS.; para Wakil Rektor dan Sekretaris Rektor; Calon Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Program Profesi; serta Calon Dosen Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (CI).
Sementara dari pihak kementerian dan lembaga terkait, hadir Tim Evaluasi Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti, yang terdiri dari Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, I Gusti Lanang Bagus Eratodi, serta perwakilan akademisi dari Universitas Andalas dan Universitas Padjadjaran selaku asesor ahli bidang kefarmasian, bersama perwakilan dari Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kemendikbudristek RI.
Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, I Gusti Lanang Bagus Eratodi, mengapresiasi langkah progresif Universitas Muhammadiyah Mataram yang terus berkomitmen memperluas bidang keilmuan di sektor kesehatan. Menurutnya, kebutuhan tenaga apoteker di Indonesia, khususnya di wilayah timur, masih sangat tinggi dan membutuhkan institusi pendidikan yang mampu melahirkan lulusan berkompeten serta memiliki etika profesi yang kuat.

Dokumentasi Proses Evaluasi Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Berlangsung
“Kami memberikan apresiasi kepada Universitas Muhammadiyah Mataram atas inisiatif dan kesungguhannya dalam mengajukan pendirian Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker. Semoga melalui evaluasi ini, kita dapat memastikan kesiapan sarana prasarana, kurikulum, serta sumber daya dosen yang berkualitas. UMMAT memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu pusat pendidikan profesi kefarmasian unggulan di kawasan timur Indonesia,” ujarnya.
Sementara itu, Rektor UMMAT, Drs. Abdul Wahab, M.A., menyampaikan bahwa pendirian Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker merupakan bagian dari visi besar UMMAT dalam memperkuat peran perguruan tinggi Muhammadiyah di bidang kesehatan dan pelayanan masyarakat.
“Pembukaan program studi ini bukan sekadar penambahan unit akademik baru, tetapi merupakan bagian dari komitmen UMMAT dalam membangun ekosistem pendidikan kesehatan yang holistik dan berbasis nilai-nilai keislaman. Kami ingin melahirkan tenaga kefarmasian yang tidak hanya unggul secara kompetensi, tetapi juga memiliki integritas moral, empati sosial, dan semangat rahmatan lil ‘alamin,” tegasnya.
Rektor juga menambahkan bahwa UMMAT saat ini terus memperkuat kerja sama dengan berbagai rumah sakit, apotek, dan lembaga farmasi di tingkat regional maupun nasional sebagai bagian dari upaya mendukung implementasi kurikulum profesi apoteker di masa mendatang.
Dalam kesempatan yang sama, Dekan FIK UMMAT, Apt. Nurul Qiyaam, M.Farm.Klin., MARS., menyampaikan bahwa Fakultas Ilmu Kesehatan telah menyiapkan berbagai aspek penting untuk mendukung pembukaan program studi profesi apoteker, mulai dari fasilitas laboratorium farmasi, sistem pembelajaran berbasis digital, hingga tenaga pendidik dengan kualifikasi akademik dan kompetensi profesional sesuai standar nasional.
“Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh sivitas akademika agar proses yang tengah kami jalankan dapat berjalan lancar hingga terbitnya izin operasional pembukaan PSPPA. Kami berkomitmen menghadirkan program pendidikan profesi apoteker yang unggul, inovatif, dan berkontribusi nyata bagi peningkatan mutu layanan kesehatan di Indonesia,” ujarnya.
Kegiatan evaluasi lapangan ini juga diisi dengan peninjauan langsung terhadap berbagai fasilitas pendukung pembelajaran, seperti OSCE Center, CBT Center, laboratorium farmasi, ruang kelas, perpustakaan, sistem informasi akademik, serta sarana penunjang kegiatan mahasiswa. Tim evaluator memberikan sejumlah masukan konstruktif untuk penyempurnaan dokumen dan kesiapan akademik program studi sebelum memperoleh izin operasional. (HUMAS UMMAT)