WISUDA OFFLINE KE-53 UMMAT DISAMBUT GEMBIRA OLEH ORANG TUA WISUDAWAN


Mataram – Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) berhasil menyelenggarakan wisuda untuk program Diploma dan Sarjana yang ke -53 secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan berlangsung pada Sabtu, 19 Maret 2022 di Aula H. Anwar Ikraman UMMAT. Sebanyak 523 orang mengikuti prosesi wisuda yang mana terdapat 157 wisudawan/wisudawati dengan predikat cumlaude. Setiap peserta wisuda dipastikan memenuhi syarat kesehatan dengan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebelum memasuki arena wisuda, setelah memasuki ruangan peserta akan duduk secara berjarak. Selain itu dalam wisuda kali ini wisudawan/wisudawati bisa didampingi oleh 1 orang pendamping yang bisa menyaksikan jalannya prosesi wisuda melalui tempat khusus untuk para pendamping. Selain itu acara ini juga disiarkan secara live melalui channel youtube Universitas Muhammadiyah Mataram bagi sanak keluarga dari wisudawan wisudawati yang tidak dapat hadir secara langsung.


Pada wisuda periode kali ini, tiga orang wisudawan/wisudawati berhasil meraih penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi. Mereka tidak hanya diberikan penghargaan atas nilai yang diraih namun juga prestasi lainnya seperti aktif berorganisasi dan memenangkan lomba baik di tingkat nasional maupun internasional. Mereka adalah Bagus Sinatrya Ramadhan, S.AD., dari program studi Administrasi Bisnis dengan Indeks Prestasi sebesar 3,93. Ia merupakan mahasiswa International Credit Transfer Business Administration in Univercity of Kuala Lumpur (Pertukaran Pelajar pada September 2020 sampai Februari 2021). Dhea Rizki Wulandari, S.Pd., dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan indeks prestasi 3,92. Ia menjadi pembicara dalam Konfrensi Internasional Sarjana tentang Pendidikan Bahasa Inggris (International Undergraduate Confrence on English Education) pada bulan Maret 2022 dan Noverika Hikmatul Aini S.IP., dari Program Studi Ilmu Pemerintahan dengan indeks prestasi 4,00.
Selain itu pemberian penghargaan juga diberikan kepada wisudawan wisudawati tercepat dalam melaksanakan ujian skripsi dengan waktu studi 3,5 tahun yaitu Fifi Andriani, S.AB., dari program studi Administrasi Bisnis. Selanjutnya yang terakhir pemberian penghargaan kepada wisudawan wisudawati termuda dengan usia wisudawan 19 tahun atas nama Mayasari, S.AP., dari program studi Administrasi Bisnis.


Dalam acara ini juga disampaikan Orasi Ilmiah oleh Dr. Zaenudin, M.Pd., dengan judul Inovasi Pendidikan di Pergurruan Tinggi sebagai Upaya Pencerdasan Anak Bangsa. Dan juga Orasi Ilmiah oleh Rektor Telkom Univercity Prof. Dr. Adiwijaya, sekaligus penandatangan MoU antara Rektor UMMAT dan Telkom Univercity.


Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd selaku rektor UMMAT yang melantik para wisudawan sekaligus menyampaikan pidato mengucapkan selamat kepada para wisudawan karena telah berhasil menyelesaikan studi di bidangnya masing-masing. Ia mengingatkan kepada para wisudawan untuk berterima kasih kepada orang tua masing-masing yang telah berkorban banyak agar mereka dapat sampai ke titik ini.


Sebagai pimpinan, dirinya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat, yang telah menjadikan Universitas Muhammadiyah Mataram sebagai tempat pendidikan terbaik. Tak lupa Rektor juga memberikan apresiasi kepada para orang tua dan wali wisudawan wisudawati, yang telah bekerja dan berkorban dengan ikhlas dan sepenuh hati membiayai para putra/putrinya serta turut membimbing hingga mereka berhasil lulus menjadi ahli madya dan sarjana di bidang keilmuan yang mereka tekuni.
“Saya yakin, dalam proses penyelesaian studi ini, putra/putri bapak/ibu banyak mengalami tantangan dan rintangan. Untuk itu, saya menyampaikan rasa bangga atas prestasi dan kegigihan mereka melewati segala rintangan yang menghadang selama menempuh pendidikan di Universitas tercinta ini. Kepada wali/orang tua, orang tua asuh, dan keluarga wisudawan/wisudawati, saya turut bersyukur, berbahagia, dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilannya. Semoga hari ini menjadi pintu gerbang menuju jelan keberhasilan masa depan yang gemilang di bawah ridho Allah,” terangnya.
Dalam kesempatan ini, wisuda dihadiri langsung oleh Sekertaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Agung Danarto, M.Ag., didampingi juga oleh Ketua PWM NTB, Ketua BPH UMMAT, dan Sekertaris Kopertais Wilayah Bali-Nusra. Di samping itu beliau juga memberikan pesan dalam sambutannya secara bergantian.
Di sisi lain, I Nengah Dasi Astawa M.Si selaku Kepala LLDIKTI Wilayah VIII berkesempatan menyampaikan sambutan dan selamat kepada para wisudawan/wisudawati secara virtual.
“Sungguh berbahagia dan senang apabila kita melaksanakan wisuda karena itulah tandanya perguruan tinggi telah melaksanakan proses tri darma yang dengan baik dan benar. Saya harap seluruh perguruan tinggi harus selalu mengutamakan budaya mutu, karena dengan memperhatikan dan mempertimbangkan selalu mengembangkan budaya mutu maka kampus tidak akan pernah padam,” ujarnya.


Selain itu kegembiraan dirasakan oleh orang tua wisudawan/wisudawati karena bisa mendampingi putra/putri pada wisuda periode kali ini.
“Kami sebagai orang tua merasa bangga sekali karena wisuda kali ini sudah mulai normal bisa dihadiri oleh orang tua dibandingkan dengan kemarin-kemarin. Karena kami sebagai orang tua tidak merasa puas dengan wisuda online sebelumnya. Dan sekarang kami bangga bisa langsung mengantarkan anak-anak kami untuk menjadi sarjana di UMMAT, kami sangat bahagia,” ujar salah satu orang tua dari Imansyah mantan ketua BEM UMMAT periode 2020-2021. (Humas UMMAT)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.