Tapak Suci UMMAT Kembali Raih Juara Umum pada Kejuaraan Pencak Silat Tahun 2022


MATARAM — Kontingen Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) kembali meraih juara umum pada kejuaraan pencak silat Mataram Cup 2022, pada hari Sabtu, 12 Februari 2022. Pada tahun 2019 sebelumnya pernah meraih Juara Umum saat kejuaraan pencak silat se-NTB.
Perguruan Tapak Suci UMMAT berhasil menyabet Juara Umum 1 dalam ajang tersebut, yang diikuti oleh Perguruan Pusaka Jaya Juara Umum 2 dan Universitas Pendidikan Mataram (UNDIKMA) Juara Umum 3.
Pada turnamen kejuaraan pencak silat Mataram Cup 2022, yang diadakan di Gelanggang Pemuda Olahraga dari tanggal 7 sampai 12 Februari 2022, diikuti oleh 358 peserta silat dari berbagai perguruan Pencak Silat se Kota Mataram, baik sekolah maupun perguruan tinggi ikut meramaikan kejuaraan Pencak Silat Mataram Cup yang diadakan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Mataram.
Eko Sutrisno, selaku Pembina Tapak Suci UMMAT mengatakan sejak pertama kali menerima kabar adanya Kejuaraan Mataram Cup, terlihat wajah bahagia dari Atlit Tapak Suci UMMAT karena hampir 2 tahun ini tidak ada kejuaraan.


“Setelah itu teman-teman mencoba berembuk untuk ikut event tersebut. Langkah awal yang kami lakukan adalah memilih atlit sesuai kelas yang akan dipertandingkan. Selanjutnya pada pekan pertama Januari 2022 kami lakukan seleksi atlit yg akan turun tanding,” ungkapnya.
Selanjutnya setelah terjaring atau terpilih atlit yang akan ikut tanding, terdiri dari 31 atlit dewasa maupun remaja, diadakan latihan fokus untuk kejuaraan tersebut, yang mana jadwal latihan diperketat yaitu Senin – Jumat, dari pukul 16.30 – 20.00 Wita, untuk shalat dilaksanakan di Kampus.
“Harapan kedepan nya Para Atlit Tapak Suci UMMAT lebih giat lagi latihan karena akan ada event atau kejuaraan baik tingkat daerah maupun tingkat Nasional. Dan pesan untuk para juara jangan cepat puas karena ini awal dari perjuangan dan yang belum juara tetap semangat latihannya,” harapnya.
Sementara itu di akhir wawancara Eko Sutrisno mengucapkan banyak terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung Tapak Suci UMMAT, terutama prestasi yang diraih tidak terlepas dari dukungan dan semangat dari Bapak H. Muhammad Syafruddin, S.T., MM., selaku Ketua Pimpinan wilayah Tapak Suci NTB.


Di tempat yang berbeda, Dwi Sudarsono selaku Ketua IPSI Kota Mataram sekaligus ketua panitia, mengatakan, “Saat ini perkembangan Pencak Silat di Kota Mataram mengalami penurunan, kedepan kejuaraan seperti ini akan diperbanyak”, ujarnya.
Dari ajang ini Ia berharap bisa terjaring bibit bibit pencak silat yang nanti di bawa ke ajang Pekan Olahraga Kota (PorKot) untuk selanjutnya bisa mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (PorProv).
Selanjutnya, Satriawan selaku Demisioner ketua Tapak Suci UMMAT memaparkan, “Alhamdulillah dengan semangat dan kekompakan tim Tapak Suci UMMAT, kami bisa berhasil kembali meraih juara umum 1 dalam ajang turnamen Pencak Silat Mataram Cup 2022 kali ini”, ujarnya.
Tentunya dengan harapan agar kedepannya melalui kejuaraan-kejuaraan pencak silat yang diadakan di NTB khususnya, dapat menjaring bibit-bibit atlet yang profesional untuk NTB kedepan. (Humas UMMAT)–


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.