Silaturahmi Perwakilan Peserta LATSITARDANUS XLII 2022 dengan Civitas Akademika UMMAT


Mataram — Provinsi NTB kembali dipilih menjadi pusat Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) Nusantara XLII tahun 2022. Terpilihnya NTB sebagai pusat kegiatan Latsitarda yang digelar pada bulan Mei 2022 kali ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, NTB juga pernah jadi tuan rumah Latsitarda pada tahun 2012 lalu dan pada tahun 1995 silam.
Universitas Muhammadiyah Mataram berkesempatan untuk menerima kunjungan silaturrahim dari perwakilan para peserta Latsitarda 2022, pada hari Selasa, 7 Juni 2022. Kegiatan silaturrahim dengan seluruh civitas akademika UMMAT berlangsung di Auditorium H Anwar Ikraman.
Rektor UMMAT Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd pada saat memberikan sambutan mengucapkan banyak terimakasih karena telah memilih kampus UMMAT sebagai tempat bertukar informasi dan pengalaman antara mahasiswa Akpol, Akmil, IPDN dan mahasiswa UMMAT.


“Jadi mahasiswa UMMAT bisa mendapatkan informasi karena teman-temannya yang ikut Latsitarda ini rata-rata sudah akan selesai kuliahnya dan akan menjadi sarjana. Kalau di Tentara itu ada Sarjana Terapan Pertahanan, di Kepolisian ada Sarjana Terapan Kepolisian kemudian di IPDN Sarjana Terapan Ilmu Pemerintahan. Pengalaman-pengalaman ini akan diceritakan oleh teman-teman yang ikut latsitarda kepada kita semua untuk diambil pelajarannya terutama adalah kedisiplinannya yang luar biasa”, ungkapnya.
Lebih lanjut beliau mengatakan kunci dari keberhasilan itu adalah kedisiplinan, misalnya disiplin dalam mengatur waktu serta disiplin dalam berbagai hal. Oleh sebab itu kedisiplinan sangat berpengaruh besar dalam meraih prestasi.
Pada kesempatan yang sama perwakilan dari Latsitarda Nusantara Kapten Infanteri Zazuli juga turut serta memberikan kata sambutan. Beliau mengatakan Latsitarda merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh taruna tingkat IV (akhir) Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian, sebelum mereka dilantik menjadi seorang perwira TNI dan Polri oleh Presiden Republik Indonesia.
“Terimakasih kepada Rektor dan Universitas Muhammadiyah Mataram yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk bersilaturahmi. Rangkaian kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan taruna Akmil, Akpol, AAU, AL, dan Praja IPDN dalam rangka melengkapi program pendidikannya. Harapannya kedepan dengan melaksanakan kegiatan bersilaturahmi, bersosialisai dan lain-lain, pada saat nanti terjun ke dunia nyata itu akan terjalin kerjasama yang baik,” ujarnya.


Latsitarda diimplementasikan dalam bentuk kegiatan karya bakti, diantaranya perbaikan rumah ibadah, perbaikan fasilitas umum, pembersihan saluran air, pengaspalan jalan, dan penghijauan serta perbaikan rumah tidak layak huni.
Selain itu, para peserta juga melaksanakan riset sosial, penyuluhan tentang kesehatan, bahaya narkoba, pencegahan covid-19, pembekalan tentang nilai-nilai kejuangan dan wawasan kejuangan serta kegiatan positif lainnya yang akan dilaksanakan di beberapa wilayah di provinsi NTB.
Pada pelaksanaan Latsitarda Nusantara tahun ini tema yang diangkat adalah “Latsitarda Nusantara XLII/2022 Menuju NTB Gemilang”. Latsitarda Nusantara akan berlangsung dari tanggal 14 Mei s.d. 11 Juni 2022 di wilayah pulau Lombok, yang diikuti oleh 1197 orang, terdiri dari 229 pendukung (Pengasuh & Pelatih, Dosen pembimbing, dan Pendukung dari Akademi TNI) dan Taruna Akmil 287, AAL 106, AAU 108, Akpol 246, 100 Praja IPDN serta 100 Mahasiswa dari wilayah NTB. Sedangkan daerah sasaran pelaksanaan Latsitarda meliputi Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Barat. (Humas UMMAT)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.