REKTOR UMMAT: APRESIASI LWF SEBAGAI IKHTIAR MENINGKATKAN PROMOSI NTB MELALUI TANGAN KREATIF GEN Z DAN MILENIALS


Mataram – Festival menulis atau Lombok Writers Festival 2022 by IDN Times diselenggarakan pada tanggal 9-10 Maret 2022 dan digelar secara hybrid di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat, salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Acara ini diselenggarakan secara offline di Pearl of Trawangan, Gili Trawangan, NTB, juga disaksikan melalui Live di YouTube IDN Times. Ribuan member IDN Times Community juga turut menyaksikan secara online.

Dok.Peserta LWF 2022 berpose bersama Gubernur NTB Dr. Zulkifliemansyah,M.Sc

Diikuti oleh 100 anak muda dari komunitas-komunitas literasi dan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai Universitas di NTB salah satunya adalah para mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Mataram juga turut berpartisipasi dan menjadi peserta terbanyak dan teraktif selama kegiatan berlangsung.

Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd., sangat mengapresiasi kegiatan Lombok Writers Festival 2022 karena sangat membantu mempromosikan pariwisata di NTB.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Lombok Writers Festival 2022 ini karena sangat membantu kita semua khususnya NTB untuk mempromosikan pariwisata dan potensi-potensi yang kita miliki. Saya juga berterima kasih kepada IDN Times sebagai mitra media UMMAT yang sudah memfasilitasi kegiatan khususnya bagi mahasiswa UMMAT dan anak muda di NTB karena sebagian besar pesertanya adalah mahasiswa-mahasiswa UMMAT dan juga kepada Gubernur NTB sebagai pencetus ide awal kegiatan ini”, ujarnya.

Lombok Writers Festival (LWF) 2022 merupakan kolaborasi lintas antara UMMAT, para komunitas, IDN Times dan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satu tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk memberikan pelatihan penulitas kreatif untuk mempromosikan wisata NTB. Selain itu, LWF 2022 by IDN Times juga ingin mengajak kaum GenZ dan Millennial untuk turut mempromosikan potensi NTB. Mulai dari keindahan alam, ragam budaya, sampai ekonomi kreatifnya. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari workshop, talkshow, serta kompetisi menulis. Ada beberapa topik yaitu tentang Jurnalistik, Culinary Storyteller, Travel Writing, Creative Writing, SEO Optimization dan sebagainya. Beberapa narasumber yang turut hadir meramaikan acara ini seperti Kevindra Soemantri (Culinary Creator, Restaurant Observer & Food Author) dan Trinity (Travel Writer & Blogger).

Dok.Tim UMMAT bersama Editor-in-Chief IDN Times

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr H Zulkieflimansyah yang membuka secara resmi, mengaku senang ide mengadakan Lombok Writers Festival pada tahun 2021 lalu menjadi kenyataan. Ia berharap LWF menjadi ajang rutin yang digelar setiap tahun.

“Mudah-mudahan kalau tahun ini 100 peserta, bisa menjadi acara rutin di Gili Trawangan, tahun depan menjadi 500 peserta,” harapnya.

Gubernur berharap tahun-tahun berikutnya ribuan anak NTB dapat dilatih menjadi penulis yang mampu menghidangkan banyak peristiwa tentang NTB. “Mudah-mudahan bukan hanya tahun ini. Bisa menjadi agenda rutin,” harapnya.

Hadir juga saat pembukaan LWF 2022 sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov NTB. Seperti Kepala Diskominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) NTB, Samsul Rizal, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Julmansyah.

Sementara itu, Editor-in-Chief IDN Times Uni Lubis atas nama IDN Times dan IDN Media berterima kasih atas kehadiran dan support dari Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Dikatakan, ide Lombok Writers Festival tercetus saat Gubernur NTB Zulkieflimansyah berkunjung ke kantor IDN Media di Jakarta pada bulan Oktober 2021.

“Kita mempersiapkan acara ini dengan intensif selama tiga bulan terakhir,” terang Uni Lubis.

Uni Lubis menyebutkan dalam gelaran LWF 2022, diikuti 100 peserta dari NTB. Mereka akan belajar tentang menulis selama dua hari, 9 – 10 Maret 2022 dengan menghadirkan para pembicara Lombok Writers Festival.

“Mudah-mudahan betah, kapan lagi belajar sambil menikmati keindahan (Gili Trawangan). Gak semua orang dapat kesempatan seperti kalian,” kata Uni Lubis. (Humas UMMAT).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.