Menciptakan Kader-Kader yang Islami, Mandiri, Unggul dan Berdaya Saing, UMMAT Gelar Darul Arqam Pimpinan


Mataram — UMMAT gelar Darul Arqom Pimpinan Universitas Muhammadiyah Mataram. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari terhitung dari hari Kamis, 27 Januari 2022 bertempat di Ballroom Hotel Mina Tanjung, KLU dan dihadiri oleh Rektor UMMAT Dr. H. Arsyad Abdul Gani, M.Pd., Para Wakil Rektor, Para Dekan, Direktur, Wakil Dekan, Wakil direktur, Kepala Lembaga, Biro dan UPT di lingkungan Universitas Muhammadiyah Mataram.

Dalam kegiatan kali ini mengambil tema “Manhaj Gerakan Muhammadiyah sebagai Penguatan Komitmen Ideologis dan Organisasi”. Adapun tema tersebut memiliki makna dan fungsi yang sesungguhnya menuju tercapainya tujuan Muhammadiyah, yakni terwujudnya Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya dan lebih luas lagi untuk menjadikan Islam sebagai rahmatan lil`alamin di muka bumi ini. Pemahanan dan juga keyakinan terhadap ideologi UMMAT yang dengan itu diharapkan terbentuknya jiwa militansi kader kepada organisasinya yang bertujuan agar kader UMMAT maju dalam segala aspek kehidupan dan senantiasa untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Nama Darul Arqam asalnya berarti rumah Arqam, dinisbatkan kepada pemilik Arqam Ibnu Abil Arqam yang digunakan oleh Rasulullah SAW sebagai tempat perkaderan Islam di masa-masa pertama. Dari Darul Arqam itulah lahir tokoh-tokoh Islam generasi pertama seperti Abu Bakar, Ali Ibnu Thalib, Aisyah, dan lain-lain.

Rektor UMMAT Dr. H. Arsyad Abdul Gani, M.Pd., menjelaskan dalam sambutannya bahwa dari kegiatan ini bisa memperbaharui iman dan pemahaman dalam beragama.

“Kegiatan ini semata-mata dalam rangka memperbaharui iman sekaligus pemahaman kita dalam beragama yang sesungguhnya. Setelah Darul Arqam Pimpinan selanjutnya dosen karena setiap tahun sudah ada anggarannya”, ungkap beliau.

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan Darul Arqam Pimpinan di tahun 2022 ini, menjadi cikal bakal kader-kader yang Islami, Mandiri, Unggul dan Berdaya Saing serta mampu mengambil kontribusi dan menjadi kader terbaik yang kritis terhadap fenomena-fenomena sosial yang terjadi.

Kegiatan ini pula dihadiri oleh Ketua Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Ari Anshori, M. Ag., Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Mataram Drs. H. Gulam Abas, M.Si., serta Ketua PDM KLU dan Ketua Aisyiyah KLU. (Humas UMMAT)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.