UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM MENYABET 2 KATEGORI JUARA DALAM PEKSIMINAS 2021


MATARAM — Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyelenggarakan Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PSM PTMA). PSM PTMA sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa kreatif dan inovatif bagi mahasiswa di lingkungan Pendidikan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Dalam situasi pandemi virus Corona/COVID-19 di Indonesia saat ini, PSM PTMA Tingkat Nasional V tetap dilaksanakan dengan mekanisme yang mengutamakan keselamatan semua pihak. Pelaksanaan Lomba tahun 2021 dilaksanakan secara Daring (dalam jaringan)/online dengan tuan rumah kegiatan Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA).


Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 November 2021, diawali dengan registrasi yang dilaksanakan secara online. Babak final tingkat nasional pada tiap tangkai yang diperlombakan diselenggarakan melalui platform zoom pada tanggal 17–19 Desember 2021 yang disediakan oleh Host serta penjurian dilaksanakan secara online dan final lomba yang dapat diakses melalui platform media sosial lainnya (Youtube, Instagram Live, Facebook Live dsb).
Universitas Muhammadiyah Mataram untuk tahun ini mengikuti 11 mata lomba yang terdiri dari MTQ Putra dan Putri, Baca Puisi Putra dan Putri, Kaligrafi Lukis, Kaligrafi Dekorasi, Lukis Umum, Monolog, Musikalisasi Puisi, Cipta Puisi dan Penulisan Cerpen. Semua Kegiatan Mata Lomba yang diikuti oleh Mahasiswa UMMAT berlangsung di aula lantai 3 gedung rektorat.
Menurut panitia lomba, Imam Isnaini Bimantoro, SH., walaupun lomba tahun ini berlangsung secara daring tapi tidak mengurangi semangat mahasiswa dalam berkompetisi.
“Ternyata mahasiswa kita memiliki bakat-bakat seni yang luar biasa dan perlu diasah sehingga harus ada wadah untuk mengembangkan minat dan bakat tersebut. Meskipun tahun ini lombanya berlangsung secara daring akibat pandemi tetapi semangat mereka tetap menggebu,” ujarnya.


Penutupan dan pengumuman hasil pemenang lomba dilaksanakan tanggal 19 Desember 2021 di Auditorium Kampus 1 Unimma (offline) dan ditayangkan secara live melalui zoom, Youtube, Facebook. Dan akhirnya untuk lomba tingkat nasional UMMAT meraih 2 kategori juara yaitu Juara 2 kaligrafi lukis atas nama Abdul Kholis Nawwar dan Juara 5 musikalisasi puisi atas nama Nadia dkk.
Dalam sambutan ketua panitia PSM-PTMA UMMAT, Drs. Amil, MM., pada saat penyerahan piagam penghargaan bagi mahasiswa yang meraih juara tingkat nasional maupun tingkat UMMAT yang berlangsung pada Rabu, 12 Januari 2022 di aula gedung rektorat lantai 3, berharap ini bisa menjadi motivasi untuk mahasiswa yang lainnya agar bisa lebih berprestasi kedepannya dan kaitannya untuk universitas sendiri tentu harus ada hadiah dan penghargaan atau rewards yang diberikan sehingga akan lebih banyak lagi mahasiswa yang berkreasi untuk meraih prestasi.
“Dengan adanya rewards dan hadiah maka mahasiswa-mahasiswa itu akan berlomba-lomba untuk berkreasi. Selain itu juga pembinaan dari UKM-UKM yang mana telah ada dosen pendamping yang akan membina hanya saja sekarang ini dosen pendampingnya belum diberikan rewards berupa biaya pendampingan oleh kita. Oleh sebab itu kedepan kita akan anggarkan khusus untuk mendapatkan dana pendampingan, sehingga mahasiswa maupun dosen akan lebih bersemangat mencetak prestasi” tuturnya. (Humas UMMAT)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.