1675 MAHASISWA BARU UMMAT ANTUSIAS IKUTI PKKMB TAHUN AKADEMIK 2023/2024


MATARAM — Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Mataram (PKKMB UMMAT) digelar sejak Senin (04/9/23), di Lapangan Basket UMMAT. Lebih dari 1.675 mahasiswa baru mengikuti agenda tersebut, yang berasal dari 7 fakultas. PKKMB UMMAT diselenggarakan mulai Senin (04/09) hingga Sabtu (09/9) mendatang. Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh Rektor UMMAT, Drs. Abdul Wahab., MA. dan jajarannya, Pimpinan Fakultas, Kepala Lembaga, Sekjen Ikatan Alumni, Organisasi Kemahasiswaan dan seluruh civitas academica di lingkungan UMMAT. Selain itu, turut hadir juga perwakilan dari Bank Indonesia dalam rangka sosialisasi QRis untuk para mahasiswa baru.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia PKKMB, Drs. Amil, MM., jumlah mahasiswa baru UMMAT 2023 yang sudah mendaftar ulang berdasarkan data PPWA yaitu FKIP 338, Fisipol 220, Fatek 438, Faperta 75, Fakultas Hukum 222, FIK 257, dan FAI 125 peserta. Beliau menambahkan bahwa tujuan dari PKKMB ini adalah untuk menberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di Perguruan Tinggi.

Suasana penuh semangat terlihat seiring dengan rangkaian kegiatan seperti papermob sederhana yang melibatkan mahasiswa baru dalam berbagai aktivitas seru. Acara ini mencapai puncaknya dengan pembukaan secara simbolis yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Rektor UMMAT, Drs. Abdul Wahab, MA.

Dalam sambutannya menjelaskan makna tema PKKMB UMMAT 2023, “Rekontruksi Generasi Tangguh untuk UMMAT Berkemajuan” yang menunjukkan bahwa generasi harapan masa depan yang diharapkan lebih baik dari generasi sebelumnya. Maka generasi masa kini haruslah menjadi generasi tangguh untuk kemajuan UMMAT. Selanjutnya, Rektor Abdul Wahab menyampaikan pesan-pesan penting kepada mahasiswa baru tentang arti pentingnya pendidikan tinggi dan peran UMMAT dalam membantu mereka meraih mimpi mereka.

“Kami berharap, adik-adik mahasiswa dapat menjadi mahasiswa yang istimewa, bukan yang biasa-biasa saja. Artinya, IPK baik dan taat beribadah, serta aktif di kampus,” jelas Rektor.

Acara kemudian diakhiri dengan momen yang penuh kebahagiaan, yaitu foto bersama antara Rektor, staf pengajar, dan mahasiswa baru UMMAT sebagai simbol awal perjalanan mereka dalam mencapai kesuksesan akademis di universitas yang penuh potensi ini. Semangat baru dan harapan cerah tampak menyelimuti seluruh peserta, menandai dimulainya petualangan mereka di UMMAT pada tahun ajaran 2023-2024.

Setelah pembukaan, mereka diberikan berbagai macam materi yang ditujukan agar mereka lebih mengenal tentang kehidupan kampus, diantaranya materi yang berkaitan dengan sistem pengelolaan bidang akademik, sistem pengelolaan sarana dan prasarana, dan sistem pembinaan kemahasiswaan dengan nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Setelah penyampaian materi baru perkenalan dengan lembaga kemahasiswaan di lingkungan UMMAT. Demikian juga dengan kegiatan di hari kedua khusus perkenalan di tingkat fakultas. (HUMAS UMMAT)