Tingkatkan Kinerja Bidang Riset dan Publikasi Ilmiah, Kemenristekdikti Berkolaborasi Dengan UMMAT Gelar Sosialisasi SINTA 2023


Mataram- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) telah sukses menyelenggarakan Sosialisasi Science and Technology Index (SINTA) 2023. Acara ini diadakan di Hotel Santika Mataram pada Kamis, 09/11/2023.

Acara ini dihadiri oleh 48 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Nusa Tenggara Barat. Peserta menunjukkan antusiasme tinggi dari pihak akademisi terkait peningkatan kualitas riset dan publikasi ilmiah. Rektor UMMAT, Drs. Abdul Wahab, MA., memberikan sambutan dan apresiasi kepada semua peserta yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Sosialisasi SINTA ini untuk memenuhi tuntutan akademik dan jurnal kita karena ini sangat vital sekali bagi dosen-dosen untuk pengembangan akademiknya” Ujar Rektor UMMAT.

Ketua Tim Kerja Jurnal dan Publikasi Ilmiah DRPM Kemenristekdikti turut hadir dan membuka acara secara resmi. Yoga Dwi Arianda manyampaikan “SINTA ini merupakan Tools atau platform digital untuk mengukur kinerja bapak/ibu dari bidang riset, publikasi dan program-program bapak/ibu”. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian Plakat Apresiasi kepada ketua tim.

Setelah serangkaian pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Panel 1. Narasumber Rusmal Firmansyah dan Osvari Arsalan memberikan penjelasan mendalam mengenai Fitur, Metrics, dan My SINTA, Sinta Insight, serta cara pembuatan ID Google Scholar, Garuda, Scopus, & Web of Science. Peserta aktif terlibat dalam sesi tanya jawab, menunjukkan minat tinggi terhadap materi yang disampaikan.

Diskusi Panel 2 kemudian dilanjutkan setelah istirahat, dengan narasumber yang sama. Materi yang dibahas meliputi identifikasi Jurnal Nasional, Jurnal Nasional Terakreditasi, Indeksasi Internasional Bereputasi, Identifikasi Product dan Prototype, serta Identifikasi Kekayaan Intelektual. Peserta kembali terlibat dalam sesi tanya jawab yang berlangsung dengan penuh antusiasme.

Acara ini diakhiri dengan sesi penutup dan tindak lanjut. Semua peserta diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapat untuk meningkatkan kualitas riset dan publikasi ilmiah di Indonesia. Kemenristekdikti dan UMMAT berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan dunia riset dan teknologi di Tanah Air (Humas UMMAT)