UPT P3B MENGGANDENG IDP IELTS UNTUK MENGANTARKAN UMMAT BERSAING DI KAWASAN ASEAN


MATARAM-Unit Pelaksana Teknis Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa (UPT P3B) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) kembali menerima lawatan dan penawaran kerjasama dengan lembaga international. Kali ini UPT P3B UMMAT kedatangan tamu dari International Development Program (IDP) khusus program International English Language Testing System (IELTS). Kunjangan tersebut diterima langsung oleh Rektor dan ketua UPT P3B UMMAT. (10/12)

“Hari ini kami kedatangan salah satu tamu istimewa yaitu international development program (IDP). Mereka berkeinginan menggandeng UPT P3B UMMAT dalam pengadaan Program IELTS di Mataram”, ujar ketua UPT P3B UMMAT, H. Syahrir Idris, M.A., Ph.D.

Bentuk kerjasama akan diawali dengan menggelar kegiatan coaching clinic. Kegiatan tersebut merupakan upaya penguatan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM) lembaga sehingga kelak dosen-dosen UMMAT khususnya tutor dan examiners IELTS memiliki kompetensi dan mampu berdaya saing.

“Rencananya, coaching clinic akan diselenggarakan sekitar Januari mendatang. Selanjutnya sosialisasi terkait penyelenggaran test IELTS yang dilaksanakan di UMMAT”, tambahnya.

Untuk menunjang pelaksanaan test IELTS di UMMAT, Albert Susanto selaku perwakilan dari IDP Pusat melakukan pengecekan kelayakan fasilitas UPT P3B guna menunjang kegiatan tersebut. Mulai dari lab bahasa, sound system, hingga ruangan-ruangan lain yang memungkinkan untuk dimanfaatkan. Beliau menyatakan bahwa fasilitas UPT. Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa memenuhi syarat untuk dijadikan tempat pelaksanaan test IELTS.

“Setelah kami survey, segala perangkat dan fasilitas yang dimiliki UMMAT sekarang cukup memadai untuk menjadi salah satu pusat pelaksanaan test IELTS”, katanya.

Ditemui di ruangannya, Rektor UMMAT mendukung kerjasama ini dan mengharapkan hasil yang maksimal terutama peningkatan kualitas dan kuantitas dosen yang menguasai bahasa asing.

“UMMAT terus berupaya meningkatkan SDM dosen dalam rangka menunjang kualitas pendidikan. Salah satu yang dilakukan yaitu menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti lembaga IDP IELTS sehingga tahun 2028 mendatang UMMAT siap bersaing di kawasan ASEAN”, ungkap Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd. (Dhie)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *