VISI, MISI, DAN TUJUAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM (UMMAT)

 Visi

Berdasarkan Rencana Strategi (Renstra) UMMAT tahun 2018-2023, Universitas Muhammadiyah Mataram memiliki visi yaitu menjadi Universitas Islam, mandiri, unggul, dan berdaya saing di kawasan ASEAN.

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) memiliki beberapa misi, diantaranya:

  1. menyelenggarakan Catur Dharma Perguruan Tinggi yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat atau pengguna output pendidikan tinggi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mandiri dan mampu berdaya saing di kawasan ASEAN.
  3. Membentuk insan civitas akademika yang berakhlak mulia dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dalam suasana kampus yang Islami.
  4. Menyelenggarakan pengelolaan Universitas yang professional, akuntabel, dan amanah.
  5. Membangun kerjasama baik di tingkat regional, nasional, dan internasional yang saling menguntungkan.

Tujuan

Selain visi dan misi, Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Menghasilkan produk-produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan ipteks dan berkontribusi pada kesejahteraan umat manusia.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana muslim yang professional, kreatif, inovatif, dan menguasai ipteks dalam rangka terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
  3. Terwujudnya keunggulan institusi dan program studi dalam peringkat nilai akreditasi, pengembangan ipteks, dan kemampuan daya saing lulusan.
  4. Terwujudnya jalinan kerjasama dengan pihak lain dalam lingkup regional, nasional, dan internasional terutama dalam pengembangan ipteks dan riset.
  5. Terbangunnya infrastruktur dan ketersediaan media pembelajaran yang memadai untuk kelancaran penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi.
  6. Terintegrasinya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan akademika dan pengelolaan keuangan.

Untuk merealisasikan  visi,  misi,  dan  tujuan  berdasarkan Renstra tersebut, maka lebih lanjut  dijabarkan  melalui Rencana Operasional (Renop) UMMAT tahun 2013-2018. Renop tersebut disusun dengan memperhatikan potensi sumber daya yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Mataram, baik potensi internal (kekuatan dan kelemahan) maupun potensi eksternal (peluang dan tantangan). Potensi-potensi tersebut telah dijabarkan dalam analisis situasi eksternal dan internal Rencana Induk Pengembangan (RIP) Universitas Muhammadiyah Mataram tahun 2008-2018.

Kompetensi Lulusan

Sebagai tolak ukur terwujudnya visi, misi, dan tujuan, maka kompetensi lulusan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) diharapkan bisa berkehidupan yang Islami dan beruswatun hasanah sehingga mampu:

  1. Merancang dan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan di bidang keilmuan yang ditekuni.
  2. Memiliki kreatifitas dan integritas ilmiah.
  3. Memiliki kemampuan mengkaji dan memecahkan masalah di bidang keilmuan saat ini dan masa yang akan datang dengan dukungan Ipteks.