TINGKATKAN KOMPETENSI, MAHASISWA FIK UMMAT IKUTI INBOUND PROGRAMS DARI TAIPEI MEDICAL UNIVERSITY


Mataram – Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadyah Mataram (FIK UMMAT) telah menyelesaikan Online Inbound Programs yang diadakan oleh College of Nursing, Taipei Medical University, Taiwan. Kegiatan ini digelar sejak Senin-Jum’at, 25/1/2021-5/2/2021. Sebanyak 30 mahasiswa bidang keperawatan dan kebidanan mengikuti program tersebut.
Online Inbound Programs ini diikuti oleh beberapa negara di Asia seperti Taiwan, Jepang dan Indonesia. Selain mahasiswa dari Prodi Kebidanan UMMAT, beberapa universitas lain juga turut serta dalam kegiatan ini seperti Universitas Indonesia dan Universitas Jenderal Soedirman.
Dekan FIK UMMAT, APT. Nurul Qiyaam, M.FARM., KLIN menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan para peserta dan juga sebagai sarana untuk berbagi pengalaman tentang kompetensi tenaga kesehatan antarnegara partisipan. Ia kemudian juga menjelaskan bahwa dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa akan mampu memahami masalah-masalah kesehatan yang lebih luas dan mampu menjadi lulusan yang tidak hanya kompeten secara nasional namun juga internasional.
“Kami ucapkan selamat kepada mahasiswa yang dapat berpartisispasi dalam kegiatan ini. Dan semoga sukses di kegiatan-kegiatan setelah ini,” ujarnya.
Program ini dilakukan secara online melalui zoom meeting dan google meet dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Sedangkan pemateri adalah para profesional di bidangnya seperti professor dari College of Nursing Taipei Medical University, Manager Rumah Sakit terkemuka di Taiwan dan juga para pakar di bidang kesehatan.
Topik yang dibahas selama program mencakup banyak aspek dari dunia kesehatan seperti Introduction of TMUH (Taipei Medical University Hospital) and Management of Nursing Department, Quality Management in Nursing, Dementia Care, Mental Health and Suicide. Selain itu topik tentang Covid-19 juga dibahas dalam Resilience Development in COVID-19: Build Back Better for Future Preparation, Response and Recovery. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − five =