TIM Penyusun Anggaran UMMAT Pastikan PUMK Mengelola Keuangan Berbasis Kinerja


Mataram- TIM Penyusun Anggaran Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) melaksanakan bimbingan teknis Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan Pembuatan Laporan Keuangan di ruang rapat Badan Pembina Harian (BPH) UMMAT, Jumat. (13/12)


Kegiatan tersebut diikuti oleh PUMK (Pemegang Uang Muka Kerja) seluruh unit yang ada di lingkungan UMMAT sejumlah 23 orang. Dalam kegiatan tersebut, Lembaga Pembina dan Pengawas Keuangan (LPPK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bagus Risnul Hakim, SE., ACPA. dan Ari Sasmoko,SE. hadir memberikan bimbingan teknis dengan tema “Desain Sistem Perencanaan dan Penyusunan Anggaran”.
“Sistem pelaporan keuangan harus sesuai dengan panduan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah” ungkap Bagus dan Sasmoko.
Wakil Rektor II UMMAT Siti Lamusiah, M.Si juga menjelaskan beberapa tujuan pelaksanaan kegiatan.
“Kegiatan ini kita laksanakan untuk memberikan pemahaman pengelolaan keuangan berbasis kinerja sehingga PUMK seluruh unit dapat menyusun anggaran berdasarkan rencana strategis dan analisis SWOT. Selain itu, anggaran kinerja PTM disusun berdasarkan aktivitas budgeter yang tertulis dan terencana.” jelasnya.


Lebih lanjut ketua tim penyusun anggaran UMMAT Drs. H. Ramli, MM. menaruh harapan besar agar desain sistem perencanaan dan penyusunan anggaran dapat diaplikasikan dalam menyusun RKA UMMAT.
“RKA dan pembuatan laporan keuangan UMMAT sebagai alat pengawasan atau pengendalian anggaran dan tolok ukur untuk mengevaluasi realisasi kegiatan PTM pada masa yang akan datang” harapnya.
Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan diskusi membahas berbagai kendala yang dialami masing-masing lembaga. Dalam diskusi tersebut, seluruh PUMK menyampaikan hasil identifikasi masalah yang dihadapi dalam penyusunan RKA dan pembuatan Laporan Keuangan UMMAT. (HR)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *