UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

PROMOSI DI TENGAH PANDEMI COVID-19, MAHASISWA BIDIKMISI UMMAT LAKUKAN EDUKASI DAN PEMBAGIAN MASKER GRATIS


MATARAM-Wabah virus corona atau yang disingkat Covid-19 kini tengah menjadi perhatian publik. Bukan hanya di Indonesia tapi di berbagai belahan dunia. Virus corona tak hanya berpotensi mengganggu kesehatan, namun kerap menimbulkan kekhawatiran di semua kalangan. Sayangnya, kekhawatiran tak akan efektif untuk menangkal virus corona. Malah sebaliknya, kekhawatiran yang berlebihan akan membuat imunitas menurun sehingga kemungkinan terkena virus lebih besar.

WHO (World Health Organization) menyatakan virus corona umumnya dapat ditularkan melalui tetesan/droplet yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Dengan demikian, memakai masker merupakan langkah yang aman dan juga tidak ribet untuk dilakukan dalam rangka mencegah penularan covid-19.

Salah satu tindakan nyata agar mengurangi kekhawatiran terhadap pandemic covid-19, UMMAT mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan dengan cara memberikan edukasi tentang penyebaran, dampak, dan cara pencegahan covid-19.

UMMAT yang diwakili oleh mahasiswa bidikmisi melakukan pembagian masker gratis di Kabupaten Alor dan Kabupaten Bima yang berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai 6 Juni 2020.

“Selain pembagian masker gratis, edukasi terkait pencegahan covid-19 kami lakukan sebagai langkah awal untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar memiliki awareness sehingga turut berpartisipasi dalam upaya pencegahan virus ini”, ujar salah satu perwakilan mahasiswa Bidikmisi UMMAT.

Di tengah-tengah aksi pembagian masker gratis tersebut, mahasiswa juga memberikan pesan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga daya tahan tubuh.

“Masker saja tak bisa diandalkan untuk menjaga diri dari paparan virus. Kekebalan tubuh harus ditingkatkan sebagai tameng terbaik untuk melawan virus corona”, lanjutnya.

Lebih lanjut, Hafsah, M.Pd. mengatakan bahwa pengabdian kepada masyarakat di tengah Pandemi covid-19 ini akan dipusatkan pada kegiatan-kegiatan untuk menekan penyebaran virus corona.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Bidikmisi dan Dosen dengan melibatkan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) setempat dengan tujuan dapat menekan penyebaran virus corona”, tutur Koordinator Satgas Covid-19 UMMAT tersebut.

Selain itu, sebagai Wakil Rektor III, Hafsah juga menyampaikan trik yang dipilih UMMAT agar tetap melakukan promosi selama masa pandemi.

“Selama masa pandemi ini, promosi UMMAT dilakukan door to door dengan catatan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dengan maksud UMMAT tidak hanya melakukan pengenalan institusi kepada masyarakat akan tetapi bisa memberikan kesadaran bahwa virus corona ini perlu dicegah secara bersama-sama dengan catatan kita semua memiliki kesadaran yang tinggi untuk menciptakan kehidupan yang bersih dan sehat”, jelasnya. (Dhie)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *