FARMASI FIK UMMAT

PRESTASI DOSEN PRODI S1 FARMASI FIK-UMMAT MENGUNGGULI 40 PTN/PTS DALAM KOMPETISI VIDEO PEMBELAJARAN


MATARAM-Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mataram (FIK UMMAT) kembali menorehkan prestasi di kancah Nasional. Kali ini datang dari salah satu dosen Program Studi S1 Farmasi atas nama Apt. Anna Pradiningsih, M.Sc.

Dosen yang akrab disapa BuAnna tersebut meraih juara satu (1) kompetisi pembuatan video pembelajaran yang diselenggarakan oleh APTFI (Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia). Bu Anna menjuarai kompetisi video di bidang Pharmaceutical Science. Bidang tersebut merupakan bidang yang paling banyak diminati oleh peserta kompetisi video.

Tema yang di pilih oleh Bu Anna di video pembelajarannya adalah tema yang sangat mendasar dalam ilmu kefarmasian yaitu Bahasa Latin Farmasi.

“Materi yang saya gunakan dalam mengikuti lomba tersebut biasanya terintegrasi dalam Mata Kuliah Farmasetika. Saya mengemas video pembelajarannya dengan simpel, menarik, dan tentunya akan sangat mudah di pahami oleh para mahasiswa farmasi pada umumnya”, imbuhnya.

Meski jumlah peserta yang mengikuti kompetisi tersebut berasal dari 40 Perguruan Tinggi Farmasi yang ada di Indonesia baik dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS), namun Bu Anna berhasil membuktikan bahwa dialah yang terbaik pada bidang Pharmaceutical Sciences setelah menyisihkan Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Sebelas Maret.

“Alhamdulillah FIK-UMMAT bisa meraih juara satu. Alhamdulillah itu merupakan salah satu pembuktian bahwa kampus swasta memiliki kualitas yang bagus dan tentunya bisa bersaing dengan kampus-kampus negeri”, ujarnya.

Ia menambahkan bahwa semua pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan Dekan FIK UMMAT Ibu Apt. Nurul Qiyaam, M.Farm.Klin, Kaprodi S1 Farmasi FIK UMMAT Ibu Apt. Baiq Leny Nopitasari, M.Farm, dan seluruh civitas akademika di Program Studi S1 Farmasi.

“Seluruh civitas akademika FIK UMMAT khususnya prodi S1 Farmasi sangat mendukung dan memotivasi saya untuk dapat terus berkarya dan berinovasi. Semoga bisa kita pertahankan dan tentunya harus ditingkatkan”, tambahnya.

Dekan FIK memberi apresiasi dan rasa bangga yang tinggi kepada Ibu Anna khususnya dan Program Studi S1 Farmasi pada umumnya.

“Walaupun Prodi S1 Farmasi masih tergolong Prodi yang sangat muda karena baru berusia 1 tahun pada 30 April 2020 yang lalu. Namun Prodi S1 Farmasi sudah mampu memberikan persembahan terbaik bagi Universitas Muhammadiyah Mataram melalui prestasi-prestasi yang sudah ditorehkan baik oleh dosen maupun mahasiswanya di kancah Nasional. Selamat saya ucapkan untuk Ibu Anna”, ucapnya.

Lebih lanjut ia berharap prestasi yang sekarang agar bisa dipertahankan dan harus ditingkatkan. Dengan begitu ke depannya Program Studi S1 Farmasi akan mampu bersaing di kancah Internasional.

“Saya berharap prestasi-prestasi seperti ini menjadi tangga menuju prestasi yang lebih luar biasa lagi. Tidak menutup kemungkinan suatu saat akan menorehkan prestasi di tingkat Internasional. Saya yakin Prodi S1 Farmasi akan terus sukses dengan motto “Prodi S1 Farmasi yaitu Muda Mendunia”, harap Ibu Nurul selaku Dekan FIK UMMAT. (Dhie)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *