PESERTA KKNMAS GELAR SOSIALISASI FREE STUNTING DAN APOTEKER KECIL


Lombok Barat- Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (KKNMAs) lokasi Desa Sesaot menggelar sosialisasi dan deklarasi Sesaot free stunting dan kegiatan Apoteker Cilik. Untuk kegiatan Apoteker Cilik digelar pada Rabu-Kamis, 25-26/8/2021 sedangkan kegiatan Sosialisasi Stunting diadakan pada Sabtu 28/8/2021 di  Desa Sesaot, Lombok Barat. Untuk kegiatan Sosialisasi Stunting, acara diikuti oleh Pemuda Desa Sesaot serta dihadiri oleh Sekretaris Desa Sesaot (Sekdes) sedangkan untuk kegiatan Apoteker Cilik diikuti oleh siswa kelas V SDN 1 Sesaot dan para peserta KKNMAs. Kegiatan dilakukan secara bertahap demi menjaga protokol kesehatan.

Sekdes Sesaot yang berkesempatan hadir menjelaskan bahwa kegiatan ini diadakan untuk mencegah terjadinya stunting pada anak disebabkan jenis stunting ada dua, yaitu karena kekurangan gizi dan yang memang bawaan dari lahir. Untuk yang bermasalah dengan asupan gizi dapat dicegah sedini mungkin dengan kegiatan semacam ini.

“Desa kami sudah melakukan beberapa program seperti pemberian makanan tambahan, pemberian makanan ASI, posyandu keluarga dan juga mencegah pernikahan dini jadi saya juga berterima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah membantu berjalannya program ini,” imbuhnya.

Selanjutnya dilaksanakan juga kegiatan Apoteker Cilik yang diadakan di Pusat Rekreasi Masyarakat (PUREKMAS). Fathurrozaq selaku ketua panitia menjelaskan kegiatan Apoteker Cilik dilakukan untuk  mengenalkan profesi apoteker kepada para siswa dan juga sebagai upaya pembelajaran mengenai kesehatan untuk memberikan pelatihan keterampilan dan edukasi obat yang tepat.

Ia berharap kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompoknya dapat memberikan kontribusi yang baik tidak hanya bagi peserta kegiatan yang merupakan pemuda dan anak-anak namun juga untuk masyarakat Desa secara keseluruhan.

“Semoga kegiatan yang diadakan mampun memberikan para siswa tentang prinsip kegunaan obat dan untuk kegiatan free stunting juga semoga bisa memberikan wawasan lebih luas khususnya para pemuda yang mengikuti kegiatan,” ujarnya. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *