PASCASARJANA UMMAT BERKOLABORASI DENGAN MAHKAMAH KONSTITUSI RI MENGGELAR KULIAH UMUM


Mataram – Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup perlu dilakukan secara sistematis dan terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup, yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.
Oleh karena itu Pascasarjana UMMAT bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi RI menggelar kuliah umum yang dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Desember 2021 di aula lantai 4 gedung FIK UMMAT. Adapun tema dari kegiatan ini yaitu “Hukum Lingkungan dalam Perspektif Konstitusi”, dan diikuti oleh 85 peserta, terdiri dari Pejabat Struktural UMMAT, Para Dosen dalam lingkup Pascasarjana UMMAT, dan Mahasiswa Pascasarjana yang berasal dari Magister Hukum dan Magister Ilmu Lingkungan. Adapun narasumber kuliah umum kali ini adalah Prof. Dr. H. Anwar Usman, SH., MH yang merupakan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.


Kegiatan kuliah umum ini merupakan rangkaian kegiatan dari Mahkamah Konstitusi RI yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Mataram setelah Seminar Nasional dengan tema “Membentuk Karakter Pelajar Pancasila” yang diselenggarakan di Aula H. Anwar Ikraman UMMAT pada pagi harinya.
Dalam sambutan Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram yang diwakilkan oleh Wakil Rektor I, Dr. Syafril, M.Pd., mengatakan kegiatan kuliah umum dengan tema Hukum Lingkungan dalam Perspektif Konstitusi merupakan salah satu upaya efektif, sebagai upaya penguatan pemahaman mahasiswa terhadap pengelolaan lingkungan hidup yang dilakukan melalui program kuliah umum yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi.
“Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain,” ujarnya.
Di akhir sambutannya beliau berharap kegiatan kuliah umum ini bisa menjadi wadah pengayaan ilmu pengetahuan serta penguatan pemahaman terkait pengelolaan dan penataan lingkungan hidup bagi mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Mataram. (Humas UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published.