MENJAWAB ISU-ISU KEAGAMAAN, FAI UMMAT GELAR KULIAH UMUM


Mataram – Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram (FAI UMMAT) menggelar Kuliah Umum secara daring pada Senin, 12/4/2021. Pada kesempatan ini, tema yang diusung adalah “Pendidikan Islam dan Peta Jalan Pendidikan di Indonesia” dan diikuti oleh mahasiswa dari setiap Program Studi di UMMAT. Pemateri yang dihadirkan pada kesempatan itu adalah Prof. H. Sutrisno, M.Ag selaku anggota Majelis Diktilitbang Muhammadiyah dan Dr. KH. M. Zaidi Abdad, M.Ag selaku Kepala Kantor Wilayah KEMENAG Provinsi NTB.

Peta jalan pendidikan merupakan arahan pendidikan di Indonesia dan bertujuan untuk mewujudkan pendidikan yang rata di seluruh wilayah Indonesia karena pendidikan merupakan hak setiap warga negara yang juga mencakup pendidikan agama. Belakangan ini beredar kabar bahwa pendidikan agama akan dihilangkan dari peta jalan pendidikan di Indonesia yang membuat masyarakat khawatir.

Suwandi, M.Pd.I selaku dekan FAI menjelaskan inilah tujuan diadakannya kuliah umum kali ini, untuk menjawab kekhawatiran masyarakat akan isu yang beredar. Selain itu, sudah menjadi tugas FAI sebagai gerbang terdepan UMMAT dalam ilmu keislaman. Ia kemudian berharap dengan diadakannya kuliah umum ini dapat mengembangkan pendidikan agama khususnya agama Islam

“Masyarakat khususnya guru-guru agama sudah mulai bertanya-tanya tentang isu yang beredar ini. Jadi dengan kuliah umum ini kami dan para pemateri sampaikan bahwa isu yang beredar tidak benar, pendidikan agama tidak akan dihapus dari peta jalan pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd. yang hadir untuk memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan mengatakan bahwa pendidikan agama merupakan pelajaran yang sangat penting maka dari itu FAI bertugas menyiapkan SDM untuk pendidikan agama di masa yang akan datang. Selanjutnya ia berharap FAI siap memajukan pendidikan Islam kedepannya.

“Pancasila nomor satu saja sudah tentang Ketuhanan, jadi sudah jelas pentingnya pendidikan agama ini. Jadi, pendidikan agama harus diperkuat dari berbagai sisi khususnya FAI yang bertugas untuk mencetak SDM dalam bidang pendidikan agama,” imbuhnya. (HUMAS UMMAT) @Munandar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *