HADIRI PENGUKUHAN GURU BESAR, REKTOR UMMAT MENYEBUT PROF. DR. H. HAEDAR NASHIR SEBAGAI TOKOH SEKALIGUS ILMUAN YANG CERDAS DAN BERKARAKTER


MATARAM-Rektor Universitas Muhamadiyah Mataram (UMMAT), Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd menghadiri Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si (Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah) di Sportarium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). (12/12)


Dalam pengukuhan tersebut, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si menyampaikan pidato tentang “Moderasi Indonesia dan Ke-Indonesiaan dalam Perspektif Sosiologi”. Pengukuhan yang di hadiri oleh Rektor/pimpinan PTM/PTA se-Indonesia tersebut disambut dengan gegap gempita. Dengan gembira, Rektor UMMAT mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. H. Haedar Nashir atas pengukuhannya sebagai guru besar FISIP UMY bidang Sosiologi. Selain itu, beliau menjelaskan bahwa pidato pak Haedar menunjukkan karakternya sebagai tokoh sekaligus ilmuan yang cerdas dan berkarakter.
“Pidato pengukuhan Prof. Dr. Haedar Nashir hari ini luar biasa. Beliau mengupas secara tuntas tentang radikalisme dalam berbagai bentuk dan dimensi dengan judul “Moderasi Indonesia dan Keindonesiaan: Perspektif Sosiologi”. Pidato Pak Haedar menunjukkan karakternya sebagai tokoh sekaligus ilmuan yang cerdas dan berkarakter dengan menawarkan solusi dalam menyelesaikan persoalan bangsa bukan dengan pendekatan radikal tetapi dengan pendekatan moderasi”, ungkapnya.
Lebih lanjut beliau mengajak masyarakat umum dan civitas akademika khususnya di lingkungan UMMAT agar mengakhiri pendekatan radikal dengan moderasi sebagai jalan untuk melawan radikalisasi yang menjadi permasalahan bangsa saat ini.
“Mari akhiri pendekatan radikal dengan moderasi sebagai jalan untuk melawan radikalisasi. Moderasi cocok dengan pancasila sebagai ideologi bangsa. Itulah yang menjadi landasan dalam melawan berbagai jenis radikalisme. Untuk itu, civitas akademika UMMAT menyambut gembira dengan ucapan selamat kepada Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si atas pengukuhannya sebagai guru besar FISIP UMY bidang Sosiologi. Semoga beliau tetap istiqomah dalam mengemban amanah sebagai pemimpin persyarikatan Muhammadiyah”, jelas Rektor UMMAT. (HR)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *