GELAR WORKSHOP KURIKULUM, REKTOR BERHARAP PASCASARJANA DAPAT MENJAWAB TANTANGAN MASA DEPAN


Mataram – Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menggelar kegiatan Workshop Kurikulum pascasarjana. Kegiatan dihadiri oleh Rektor UMMAT, Direktur dan wakil direktur pascasarjana, Kepala Lembaga dan Biro dan civitas akademika pascasarjana. Materi kegiatan disampaikan oleh tiga pemateri berbeda yaitu Prof. Dr. Dinn Wahyudin, M.A. dari Universitas Pendidikan Bandung sekaligus Ketua Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia, Abdul Kadir, M.Pd. dan Dr. Harry Irawan Johari, M.Si. yang akan menyampaikan materi dan diikuti oleh diskusi dengan para peserta.

Rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd. yang berkesempatan menyampaikan sambutan mengatakan bahwa peninjauan kurikulum tidak terpisahkan dari suatu Perguruan Tinggi karena dalam menjawab tantangan di masa depan dibutuhkan penyusunan kurikulum yang bagus dari hari ini.

“Pelaksanaan proses pendidikan sangat ditentukan oleh kurikulum karena yang menjadi indikator di bidang akademik adalah kurikulum itu sendiri dan disesuaikan dengan tantangan masa depan bukan masa kini saja,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa pengembangan karakter mahasiswa juga tergantung dari kurikulumnya. Menurutnya apabila kurikulum bagus maka mahasiswa dapat meraih prestasi belajar yang optimal. Maka dari itu ia berharap kegiatan ini dapat melahirkan mahasiswa yang aktif dan memiliki mental pemberani.

“Mahasiswa apalagi mahasiswa pascasarjana jangan hanya bermodal sertifikat dan ijazah saja. Jadi harus bisa berkontribusi di masyarakat juga maka dari itu kurikulum kita juga didasari oleh Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,” imbuhnya.

Selanjutnya, Dr. Lukman, M.Pd selaku Direktur Pascasarjana UMMAT berterima kasih kepada para tim pascasarjana yang telah mengadakan acara ini dan juga kepada civitas akademika lainnya yang telah memberi dukungan dan motivasi. Ia berharap acara akan berjalan lancar dan dan dapat bermanfaat untuk pengembangan pascasarjana kedepannya.

“Pascasarjana sudah memiliki mitra baik dari skala lokal hingga internasional. Kedepannya kami akan bekerjasama di berbagai bidang, salah satunya adalah pengembangan kurikulum dan kami akan terus bekerja keras untuk kemajuan UMMAT,” ujarnya. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *