DI TENGAH PANDEMI COVID-19, REKTOR MELANTIK PEJABAT STRUKTURAL UMMAT SEBAGAI TELADAN INSTITUSI DAN PERSYARIKATAN


MATARAM-Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) melantik secara serentak dekan dan wakil dekan di lingkungan UMMAT. Kelima pejabat struktural tersebut yakni Dr. M. Islamy Rusyida, ST.,MT. selaku Dekan Fakultas Teknik (FATEK); Dr. Ahmad Helwani, LC., M.Pd. sebagai Wakil Dekan I dan Mardiyah Hayati, M.Pd.I. sebagai Wakil Dekan II Fakultas Agama Islam (FAI); Dedy Iswanto, ST., MM.Pd. sebagai Wakil Dekan I dan Amin Saleh, S.Sos., M.I.Kom. sebagai Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL).


Acara pelantikan yang dihadiri sekitar dua puluh lima (25) orang pejabat struktural UMMAT ditambah dengan Badan Pembina Harian UMMAT dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTB tersebut, cukup hikmad berjalan meski dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.
Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd. selaku Rektor memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada Dekan dan Wakil Dekan terpilih masa jabatan 2020-2024.
“Saya atas nama Pimpinan mengucapkan selamat kepada Dekan dan Wakil Dekan terpilih masa jabatan 2020-2024. Semoga Allah meridhoi langkah dan perjuangan kita semua” ucapnya.
Selain ucapan selamat, Rektor juga memberikan peneguhan dalam mengemban misi UMMAT dalam menjalankan catur dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).
“Saudara/Saudari yang dilantik hari ini sesungguhnya mengemban amanah institusi dan persyarikatan. Dalam mengemban amanah, Saudara/Saudari harus mampu menunjukkan kiprah sebagai teladan yang baik atau uswah hasanah. Selain menjadi teladan, Saudara/Saudari dan kita semua dituntut untuk terus berinovasi demi kemajuan UMMAT sekaligus menjawab tantangan masa depan yang semakin kompleks”, jelas Rektor UMMAT.
Lebih lanjut Rektor mengharapkan kepada para pejabat struktural UMMAT agar bisa menjadi da’i atau pendakwah sesuai dengan kapasitas keilmuan yang dimiliki. Tidak hanya di bidang spiritual keagamaan akan tetapi juga pada bidang sosial kemasyarakatan.
“Selain kiprah saudara sebagai teladan dalam mengemban amanah institusi, tentu Saudara juga diharapkan mampu menjadi da’i persyarikatan Muhammadiyah dalam dimensi kerja masing-masing”, harap Dr. H. Arsyad Abd. Gani.
Selain itu, Rektor juga menyapa Dekan Fakultas Teknik demisioner dan menyampaikan ucapan selamat.
“Bapak Ir. Isfanari, ST., MT. terima kasih atas dedikasi bapak selama dua (2) periode memimpin Fakultas Teknik UMMAT. Tentu dalam masa delapan (8) tahun, Bapak mendedikasikan diri untuk membangun Fakultas Teknik. Dan sekarang merupakan masa kemajuan Fakltus Teknik adalah bukti keberhasilan bapak dalam memimpin. Terimakasih telah menorehkan sederet prestasi untuk memajukan Fakultas Teknik UMMAT”, Ungkapnya.
Dalam pelantikan tersebut, ketua BPH UMMAT juga memberikan penegasan sebagai pesan moral dan pesan persyarikatan. Pimpinan atau pejabat struktural di amal usaha Muhammadiyah adalah orang-orang yang telah diamanahkan oleh persyarikatan untuk mengemban misi dakwah Muhammadiyah dalam membangun PTM yang maju.
“Pada kesempatan ini, saya menyapa Saudara/Saudari yang dilantik dengan ucapan selamat dalam mengemban misi persyarikatan. Maka seyogyanya saya mengingatkan pesan dakwah Muhammadiyah sebagaimana yang tertuang dalam pedoman PTM. Salah satunya adalah bahwa ruh dalam membangun PTM yaitu kembali kepada semangat Al-Islam dan kemuhammadiyahan”, Jelas Drs. H. Gulam Abbas, M.Si.
Mengakhiri sambutannya, ketua BPH UMMAT tersebut menegaskan kepada Dekan dan Wakil Dekan dan seluruh hadirin bahwa ruh kepemimpinan ada pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Muhammad saw.
“Pemimpin yang visioner adalah pemimpin yang tidak kehilangan ruh kepemimpinannya. Dasar kepemimpinan kita yang pertama yaitu kembalilah memperkuat nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagaimana tertuang dalam Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Saw. Kedua, bukti dari Saudara/Saudari tidak kehilangan ruh kepemimpinan adalah ketika mampu memegang nilai kejujuran dalam mengemban amanah institusi dan persyarikatan Muhammadiyah”, tegasnya. (HR/Dhie)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *