CEGAH STUNTING DAN KAWIN MUDA DI DESA DASAN TAPEN, KELOMPOK 19 KKN MAs LAKUKAN EDUKASI DOOR TO DOOR


Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN-MAs) Kelompok 19 di Desa Dasan Tapen, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat dilakukan sebanyak 11 orang dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bunda Dr. Nurhayati, S.TP., M.P yang juga Kaprodi THP Faperta UMMAT. Kelompok 19 mengadakan kegiatan Sosialisasi pencegahan stunting dan pendewasaan usia perkawinan.

Sosialisasi ini dilakukan 4x secara “DOOR TO DOOR” di setiap Dusun di Desa Dasan Tapen. Sosialisasi pertama pada Dusun Dasan Tapen Barat dan Dasan Tapen Tengah, sosialisasi kedua pada Dusun Parwa, sosialisasi ketiga pada Dusun Dasan Tapen Induk dan Dasan Tapen Timur , dan sosialisasi keempat pada Dusun Cariq Kauh. Kegiatan ini dihadiri oleh ibu hamil dan ibu yang memiliki balita dengan sangat antusias dan penuh semangat untuk mendapatkan pembelajaran baru tentang sosialisasi tersebut. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan BKKBN, Kepala Desa Dasan Tapen, Kepala Dusun, Ibu PKK, Kader Posyandu, Babinkamtibmas, dan Anak-Anak Remaja.

Sosialisasi pertama dilaksanakan di Dusun Dasan Tapen Barat dan Dasan Tapen Tengah, Kamis (26/08/2021). Adapun pemateri dalam sosialisasi pencegahan stunting ini dari salah satu mahasiswa KKN-MAs yaitu M. Adhi Darmala Nugraha sebagai pemateri pertama dan Putri Amalia sebagai pemateri kedua. Perwakilan BKKBN yaitu Ibu Endang turut serta mendampingi kegiatan tersebut hingga usai. Kegiatan ini di moderatori oleh Nurul Suciani dan Amalia Anugerahaini sebagai penanggung jawab sosialisasi pertama.

Sosialisasi kedua dilaksanakan di Dusun Parwa, Jum’at (26/08/2021). Adapun pemateri dalam sosialisasi pencegahan stunting ini dari salah satu mahasiswa KKN-MAs yaitu Amalia Anugerahaini sebagai pemateri pertama dan Putri Amalia sebagai pemateri kedua. Kegiatan ini di moderatori oleh Ismarinanda dan Dony Prangana L.Q sebagai penanggung jawab sosialisasi kedua.

Sosialisasi ketiga dilaksanakan di Dusun Dasan Tapen Induk dan Dasan Tapen Timur, Selasa (31/08/2021). Adapun pemateri dalam sosialisasi pencegahan stunting ini dari salah satu mahasiswa KKN-MAs yaitu Amalia Anugerahaini sebagai pemateri pertama dan Putri Amalia sebagai pemateri kedua. Kegiatan ini di moderatori oleh Nur Satya D. dan Nurul Suciani sebagai penanggung jawab sosialisasi ketiga.

Sosialisasi keempat dilaksanakan di Dusun Cariq Kauh, Rabu (2/09/2021). Adapun pemateri dalam sosialisasi pencegahan stunting ini dari salah satu mahasiswa KKN-MAs yaitu Dony Prangana L.Q sebagai pemateri pertama dan Putri Amalia sebagai pemateri kedua. Kegiatan ini di moderatori oleh Erni Putri Lestari dan Ismarinanda sebagai penanggung jawab sosialisasi keempat.

Ketua KKN MAs Kelompok 19, Ahmadin, mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran kegiatan yang dihadiri beberapa tamu undangan perwakilan setiap dusun, kepala dusun, kepala desa, dan perwakilan BKKBN serta para hadirin. “Saya mengharapkan setelah kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan, kedepannya ilmu yang dipaparkan dapat bermanfaat serta diterapkan oleh warga Dasan Tapen” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa, H. Nasrullah Hasbi, BA, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan sangat bagus untuk edukasi ibu hamil, ibu memiliki balita dan anak remaja untuk mencegah generasi stunting dan mencegah pernikahan dini untuk menurunkan terjadinya stunting, serta menjaga masa depan anak-anak muda untuk membanggakan bangsa dan negara.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *