BANTU KORBAN BANJIR BIMA, UMMAT SALURKAN 2000 PAKET KEPADA WARGA TERDAMPAK


Mataram –Banjir di Kabupaten Bima yang merendam ratusan rumah dan mengharuskan puluhan ribu warga untuk mengungsi menggerakkan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) untuk turun membantu. Sebanyak 2000 paket bantuan disalurkan kepada korban banjir yang tersebar di berbagai kecamatan. Paket bantuan terdiri dari 1500 paket umum/dewasa dan 500 paket untuk bayi dan anak-anak. Tim dari UMMAT beranggotakan sebanyak 18 orang terdiri dari Kepala Bagian Kemahasiswaan beserta Ketua Lembaga Kemahasiswaan (BEM dan DPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan beberapa ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) divisi Pengabdian Masyarakat, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Humas UMMAT.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan dari Jum’at-Ahad, 9-11/4/2021. Tim dilepas secara simbolis oleh rektor bersama civitas akademika UMMAT di depan aula H. Anwar Ikraman UMMAT yang ditandai dengan penyerahan paket sembako kepada tim.

Tim dari UMMAT kemudian berkoordinasi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bimadan MDMC setempat untuk mengetahui lokasi yang akan didatangi oleh tim. Selain itu beberapa anggota MDMC juga sudah berada di lokasi untuk mendirikan dapur umum dan menyalurkan beberapa bantuan.

“Kami memastikan bahwa bantuan yang disalurkan tepat sasaran maka dari itu kami sudah berkomunikasi terlebih dahulu dengan PDM Kabupaten Bima dan tim MDMC yang sudah berada di lapangan” ujar rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd

Ia kemudian berpesan untuk mengambil pelajaran dari bencana ini dan menjadikannya sebagai wadah untuk introspeksi diri dan juga untuk mencari solusi bersama-sama dengan pemerintah dalam menyelesaikan bencana tersebut agar saling bahu membahu menyiapkan lingkungan tempat tinggal yang aman dari bencana.

“Sekarang sudah bukan waktunya untuk mencari siapa yang salah lalu saling menyalahkan, tapi mari saling evaluasi diri agar kedepan kita tidak menyebabkan bencana yang lebih besar lagi kepada anak cucu kita, jadikanlah bencana saat ini sebagai pelajaran” ungkapnya.

Ia berharap agar keadaan segera membaik agar warga dapat beraktifitas seperti sedia kala, ia juga berpesan kepada tim dari UMMAT agar berhati-hati di jalan. Nantinya tim dari UMMAT akan dibantu oleh mahasiswa UMMAT yang berada di lokasi. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =