MATARAM – Dalam rangka ikhtiar Internasionalisasi Muhammadiyah melalui program-program kreatif dan inovatif Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA), UMMAT mengadakan kunjungan internasional ke Malaysia pada tanggal 28 November s/d 1 Desember 2022. Kunjungan ini sekaligus ikhtiar dalam mewujudkan visi dan misi UMMAT sebagai salah satu PTMA yang berdaya saing di kawasan ASEAN. Kunjungan ke Malaysia berjumlah 17 orang terdiri Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, dan beberapa Kepala Lembaga/Biro/Badan/UPT dilingkungan UMMAT.

Penyerahan Plakat kepada Kepala UniKL


Beberapa kunjungan yang dilakukan antara lain kunjungan ke Universiti Kuala Lumpur Malaysia (UniKLBussiness School), International Islamic University Malaysia (IIUM), dan Binaskil Academy Malaysia. Sebagai informasi, bahwa UniKL telah bekerjasama dengan UMMAT sejak tahun 2018 dan telah melaksanakan kegiatan internasional beberapa kali antara lain kegiatan konferensi internasional dan program kredit transfer internasional dan kegiatan kuliah tamu. Adapun dengan IIUM dan Binaskil Academy dalam rencana kunjungan ini akan melakukan MoU dan mini seminar sekaligus memperkuat dan memperbanyak mitra internasional UMMAT untuk mewujudkan misi dan program internasionalisasi.
Kegiatan kunjungan sekaligus diisi dengan kegiatan produktif lainnya yaitu mini seminar kerjasama UMMAT dan Binaskil Academy. Adapun pemateri antara lain Dr. H. Arsyad Abd Gani, M.Pd (Internationalization of Muhammadiyah as Middle Path to Gain the Peaceful and Sustainable World), Dr. Syafril, M.Pd (Halal Tourism in Lombok: Concept, Problem and Strategy), Dr. Ibrahim Ali, M.Si (Strategy of Social Development Sustainability of Village-Owned Enterprises In West Sumbawa Gold Mining Area), Budy Wiryono, M.Si (Impact of Global Conditions on Food Security in NTB province), Dr. Siti Hasanah, SH.,MH (Strengthening Local Wisdom-Based Regulations in The Implementation of Government At The Village Level), Dr. Muhammad Nizar, M.Pd.Si (Principles of Education in Pancasila- theJive principles and its application in Indonesia), Dr. Junaidin, M.Pd (Phenomenological Study of Child-Marriage of Lombok People NTB Province Indonesia), Hafsah, M.Pd (Civic Education Strategy to Strengthen Patriotism and National Insight), dan Dr. Hilman, SH.,MH (Protection of the Rights of Indigenous Peoples Through the Institutionalization of Community Mediation As An Alternative To Dispute Resolution).

Kunjungan di IIUM studi banding dan MoU untuk persiapan Konferensi Internasional, kredit transfer, penelitian, dan kuliah tamu


Rektor UMMAT Dr. H. Arsyad Abd Gani, M.Pd mengatakan kunjungan ini sebagai tindak lanjut dari MoU yang diharapkan dapat menjalin kerjasama, selain itu tujuan kunjungan untuk mengunjungi mahasiswa UMMAT yang melaksanakan kegiatan KKN DIK Internasional di Malaysia.
“Dengan adanya kunjungan dan MoU sebagai dasar untuk kolaborasi dalam beberapa kegiatan berskala internasional dalam rangka mencapai visi UMMAT yang mampu bersaing di kawasan ASEAN. Di antara beberapa rancangan kolaborasi yang akan dijalin, yaitu Konferensi Internasional, kredit transfer, penelitian kolaborasi, kuliah tamu, sebagai tempat magang dan KKN DIK Internasional Mahasiswa UMMAT,” tuturnya.

IIUM Academy of Graduate & Profesional Studies


Hal yang senada juga diucapkan oleh Kabag Kerjasama UMMAT Asbah Ambalawi, M.Hum., yang hadir dalam kesempatan tersebut berharap, “Harapannya program ini akan memantik mahasiswa-mahasiswa UMMAT ke depan untuk lebih berani go international dan terus menggelorakan MBKM internasional sehingga program-program mobilitas kedepan dapat melahirkan inovasi dan meningkatkan kualitas kreatifitas dan imajinasi dengan cara memperbanyak program-program internasionalisasi.” (HUMAS UMMAT).


Indrajitu Slot Indrajitu Slot Gacor Indrajitu https://jepa.ub.ac.id/pages/indrajitu-slot/ https://industria.ub.ac.id/pages/indrajitu/ https://industria.ub.ac.id/ https://v2.api.uniku.ac.id/indrajitu/ https://mawartoto.web.melawikab.go.id/ https://mfwgroup.web.melawikab.go.id/ayambet/ https://mfwgroup.web.melawikab.go.id/sateslot/ https://mfwgroup.web.melawikab.go.id/megaforwin/ https://mfwgroup.web.melawikab.go.id/nagaforwin/ https://mfwgroup.web.melawikab.go.id/nasgorbet/ https://mfwgroup.web.melawikab.go.id/bimatoto/ https://mfwgroup.web.melawikab.go.id/burungbet/ https://iaibali.or.id/ayambet/ https://iaibali.or.id/indrajitu/ https://iaibali.or.id/sateslot/ https://iaibali.or.id/megaforwin/ https://iaibali.or.id/ups/ https://kesimancarecenter.com/