UMMAT DIPERCAYA KEMENDIKBUD MENGGELAR DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH UNTUK KEDUA KALINYA


Mataram- Kegiatan Bimbingan Teknis diklat penguatan kepala sekolah Kabupaten Lombok tengah  tahap I dilaksanakan di Aula Rektorat Lantai III, pada Rabu (4/11/2020). Acara ini merupakan kerjasama antara Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPPTK PKn dan IPS), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) beserta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD).

Kegiatan serupa telah dilaksanakan sejak tahun lalu namun diklat tahun ini sedikit berbeda dari tahun lalu yang dilaksanakan secara tatap muka. Kali ini dilaksanakan secara online melalui zoom meeting selama 24 hari, dari 4 November-2 Desember 2020 nanti dan diikuti oleh kepala sekolah di Kabupaten Lombok Tengah.

Dr. Hj. Maemunah, S.Pd. MH. Selaku Ketua LPD menjelaskan bahwa dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 mengamanatkan Kepala Sekolah yang sedang menjabat dan belum memiliki STTPP Diklat Calon KS wajib mengikuti Diklat Penguatan kepala sekolah. Begitu pula dalam Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018  bahwa kepala sekolah  harus mampu bekerja secara nyata dalam mengembangkan sekolah sehingga dapat menjadi penggerak dalam peningkatan kualitas pendidikan dan mewujudkan adanya students’ wellbeing dan FKIP UMMAT dipercaya oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menggelar kegiatan ini.

Tujuan diadakannya diklat ini adalah untuk menguatkan kompetensi masing-masing kepala sekolah, menciptakan sekolah yang merdeka dan juga untuk mewujudkan students’ wellbeing.  

“Tahun ini kami melaksanakan kembali kegiatan Diklat ini agar kepala sekolah yang belum mengikuti diklat mendapatkan kesempatan untuk ikut serta karena kegiatan ini sangat penting untuk keberlangsungan sekolah dan kesejahteraan para siswa di sekolah” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, acara dibuka oleh Rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani M.Pd. yang dalam pidato pembukaannya menjelaskan bahwa memang diklat kali ini berbeda karena tidak dilaksanakan secara tatap muka namun inilah yang dikehendaki oleh Allah SWT agar kita dapat mengikuti perkembangan teknologi, agar guru dapat memperbanyak metode pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran jarak jauh seperti saat ini. Beliau juga berpesan agar di tengah pandemi ini kita mengambil hikmah  dan tetap mendidik putra dan putri bangsa agar memiliki masa depan yang cerah.

“Tugas kita adalah mencetak generasi masa depan bangsa dan memang itu adalah tugas yang berat namun ini sudah menjadi amanat bagi kita dan mari bersama-sama kita laksanakan amanat ini.” Imbuhnya. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *