OPTIMALISASI PROGRAM, UMMAT GELAR WORKSHOP PENGUATAN KERJASAMA


Mataram – Kantor Urusan International dan Bagian Kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menggelar Workshop Penguatan Tindaklanjut Kerjasama UMMAT dengan Mitra. Dalam kegiatan ini, tema yang diusung adalah “Ikhtiar Mewujudkan Kampus UMMAT yang Unggul dan Berdaya saing di Kawasan ASEAN”. Workshop digelar pada Kamis, 10/12/2020 di Aula Gedung Rektorat Lantai III.

Sebanyak 37 peserta mengikuti workshop yang terdiri dari Ketua Lembaga, Wakil Dekan dan Ketua Program Studi di Lingkungan UMMAT. Rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd berkesempatan membuka acara. Beliau mengingatkan betapa pentingnya melanjutkan kerjasama yang telah terjalin khususnya di tengah-tengah pandemi seperti ini.

“Kerjasama ini sangat penting sebagai wujud dari mendukung kurikulum merdeka belajar karena mahasiswa tidak harus selalu belajar di kampus. Maka dari itu kami membangun kerjasama dengan berbagai tempat baik itu dengan amal usaha Muhammadiyah, instansi dalam negeri hingga internasional,” imbuhnya dalam pidato pembukaan.

Dalam kesempatan itu pula, Dr. Lukman, M.Pd selaku Kepala Biro KKHP UMMAT menjelaskan bahwa UMMAT sebenarnya telah menjalin banyak kerjasama dengan instansi di berbagai negara seperti Taiwan, Thailand, Dubai, Australia dan India. Juga instansi-instansi dalam negeri. Maka dari itu workshop ini diadakan dengan tujuan mengoptimalkan dan memaksimalkan program-program yang belum terlaksana. Selain itu, workshop ini juga diadakan untuk mewujudkan visi UMMAT yaitu menjadi Universitas yang Islami, Mandiri, Unggul dan Berdaya saing di kawasan ASEAN.

“Masih banyak yang bisa kita lakukan seperti mendatangkan dosen dan mahasiswa asing, ekspansi dosen, staff dan mahasiswa juga mendapatkan The International Organization for Standardization atau ISO. Walaupun UMMAT sudah melakukan banyak kegiatan internasional namun saya yakin kita bisa melakukan lebih banyak kegiatan lagi,” ungkap Dr. Lukman, M.Pd

“Kegiatan ini juga dilakukan untuk mewujudkan keinginan para tokoh Muhammadiyah yang berpesan bahwa kita tidak sukses sendiri karena seseungguhnya kesuksesan terletak apabila kita dapat memberikan manfaat untuk orang lain juga,” ucap Dr. Lukman, M.Pd

Lebih lanjut, Asbah, M.Hum selaku Kepala Bagian Kerjasama UMMAT berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi pemicu komitmen kita bersama dalam melakukan aksi – aksi kolaboratif yang lebih kreatif, inovatif, solutif dan berkelanjutan kedepan, seluruh elemen Muhammadiyah harus bersama-sama untuk mewujudkan visi – misi bersama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *