LPPM UMMAT SEBAR 143 TIM DOSEN DALAM MENGENTASKAN MASALAH SOSIAL DI NTB


Mataram – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Mataram (LPPM UMMAT) menandatangani kontrak program hibah pengabdian dan penelitian internal UMMAT Tahun Ajaran 2020-2021 bersama para dosen yang terpilih untuk menerima hibah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 9-10/2/2021 di Aula gedung rektorat UMMMAT.

Ketua LPPM, H. Syahrir Idris.MA.Ph.D menjelaskan bahwa tujuan diadakannya pengabdian ini setiap tahun adalah untuk menyebarluaskan informasi dan pengetahuan serta penerapan ilmu teknologi dan seni kepada masyarakat sekaligus menjadi wadah pengabdian bagi para dosen kepada masyarakat. Beliau juga mengingatkan akan tanggung jawab serta kode etik peneliti.

“Sebagai peneliti, kita memiliki tanggung jawab dalam memajukan ilmu pengetahuan, nama baik lembaga serta nama baik bangsa,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap bahwa dengan diadakannya pengabdian ini dapat memperbaiki taraf hidup sekaligus kesejahteraan masyarakat karena disadari bahwa kemampuan para dosen di bidangnya akan dapat membantu masyarakat yang masih memiliki kemampuan yang terbatas.

“Hakikat dari pengabdian itu sendiri adalah untuk membantu masyarakat dan dengan itu para dosen yang terpilih diharapkan dapat membantu masyarakat di bidangnya masing-masing,” ucapnya.

Setelahnya, rektor UMMAT Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd dalam sambutannya mengingatkan bahwa penelitian adalah salah satu upaya ilmuwan dalam mengembangkan profesionalismenya. Tugas utama seorang dosen adalah untuk mengembangkan dan mentransfer ilmu teknologi.

“Saya yakin bahwa dosen-dosen disini dapat menghasilkan hal-hal hebat dari penelitiannya,” ujarnya

Sebelum terpilih, proposal yang diajukan para dosen harus melewati serangkaian seleksi terlebih dahulu. Beberapa aspek yang dinilai adalah kualitas proposal, mitra yang bekerjasama untuk pengabdian, jenis metode yang akan dilakukan dan seberapa besar manfaat pengabdian ini akan membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah mereka baik di bidang sosial, kemasyarakatan, hukum dan politik, agama, kesehatan, pertanian, ekonomi dan pendidikan di tengah pandemi Covid-19.

Kali ini, sebanyak 143tim dosen dengan proposal terpilih diturunkan untuk melakukan penelitian dan pengabdian mengatasi masalah sosial di tengah pandemi Covid-19 di berbagai daerah yang ada di NTB. Proposal yang terpilih untuk pengabdian internal sebanyak 54 dan untuk penelitian terbagi menjadi tiga skim yaitu 27 skim penelitian doktor, 8 skim penelitian Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan 54 skim penelitian kompetitif. Para dosen berasal dari setiap program studi di UMMAT dan diberikan waktu hingga akhir bulan maret untuk menyelesaikan penelitian sekaligus pengabdian mereka di masyarakat. Selain bermanfaat untuk masyarakat, penelitian sekaligus pengabdian ini akan berguna untuk pengembangan karir dosen itu sendiri karena hasil dari penelitian ini akan dimuat di berbagai media baik media massa ataupun dalam bentuk jurnal ilmiah. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *