PRADIKSAMIL MENWA

GELAR PRADIKSAMIL, MENWA UMMAT SIAP BENTUK GENERASI YANG SIGAP DAN TANGGAP


Mataram – Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa Sat. 903/JP (UKM MENWA) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) melaksanakan kegiatan Pra Pendidikan Militer Dasar (PRADIKSAMIL) angkatan XLVIII yang mengambil tema “Membentuk Generasi yang SINGARAJA (Sigap, Tanggap, Terampil dan Bijak)”. Acara dilaksanakan selama 5 hari dari Senin, 30/11/2020 hingga Jum’at, 4/12/2020.


Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menjadi wadah bagi calon menwa (camen) untuk menempuh latihan dasar sebelum resmi dikukuhkan menjadi anggota satuan. Selain itu, PRADIKSAMIL merupakan syarat untuk mengikuti Pendidikan Dasar Militer (DIKSARMIL) di tingkat provinsi.
“Untuk diresmikan menjadi anggota MENWA Indonesia harus mengikuti DIKSARMIL terlebih dahulu, dan PRADIKSAMIL ini adalah tahapan awalnya,” jelas Syahrul, Komandan MENWA UMMAT
Kegiatan PRADIKSAMIL dibuka dengan upacara yang dilaksanakan di Lapangan UMMAT. Rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd pada kesempatan itu bertugas sebagai inspektur upacara. Beliau mengingatkan tentang pentingnya disiplin dalam melaksanakan segala sesuatu.
“Orang sukses itu harus disiplin, selalu tepat waktu. Jadi dengan mengikuti kegiatan ini kalian harus siap, harus kuat,” pesan rektor dalam sambutannya sekaligus membuka acara PRADIKSAMIL.
Setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi sekaligus praktek. Beberapa materi seperti ilmu navigasi darat, tata upacara militer akan disampaikan oleh TNI-AD. Selain itu, MENWA juga turut mengundang UKM UMMAT lainnya untuk mengisi materi seperti UKM Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) yang akan menyampaikan materi tentang pengenalan peralatan Mountaineering dan survival. Dan juga UKM KRS PMI yang akan menyampaikan materi tentang pertolongan pertama. Selain itu, para camen juga akan melewati serangkaian pembinaan fisik setiap pagi, sore dan malam.
“Pembinaan fisik ini dilakukan agar mereka terbiasa dengan kegiatan semi militer dan agar terbentuk mental dan fisiknya,” jelas komandan MENWA.
Ia dan para anggota MENWA lainnnya berharap dengan diadakannya kegiatan PRADIKSAMIL, para camen yang berjumlah 17 orang ini akan terbentuk menjadi generasi yang sigap, tanggap dan berani seperti tema yang diusung pada tahun ini. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *