CEGAH COVID-19, UMMAT MENYELENGGARAKAN PENYULUHAN DAN PELATIHAN PENGOLAHAN PRODUK BERBASIS KELOR


Mataram – Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) ikut serta mengambil bagian dalam menangani pencegahan dan penyebaran virus Corona. Tim pengabdian dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian (FAPERTA) menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan dengan Tema Pengolahan Produk Berbasis Kelor untuk Meningkatkan Imunitas Menghadapi Pandemi Covid-19 yang dilakukan di desa Selat Kecamatan Narmada, Lombok Barat pada Sabtu, 6/3/2021.
Ketua tim pelaksana, Dr. Nurhayati, S.Tp., M.P menjelaskan bahwa tujuan diadakannya penyuluhan dan pelatihan ini adalah karena salah satu cara dalam mencegah virus corona adalah dengan melakukan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Kelor merupakan salah satu komoditas pangan yang mudah dijumpai namun banyak masyarakat yang belum mengetahui keunggulan dari tanaman tersebut.
“Nutrisi yang bisa didapat dari kelor sesungguhnya sangat melimpah, namun kebanyakan masyarakat hanya mengolah kelor menjadi sayur bening lalu dimakan dengan nasi. Maka dari itu kami adakan pelatihan agar masyarakat dapat mengolah kelor dengan berbagai cara,” ujarnya
Ia kemudian juga berterima kasih kepada rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd dan pihak UMMAT yang telah memberikan dukungan pendanaan hibah dalam program pengabdian kepada masyarakat tahun 2021. Selain itu ia juga berharap kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat di desa Selat.
“Semoga setelah program ini, masyarakat akan memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam mengolah kelor menjadi berbagai macam produk dan kedepan agar bisa dijadikan sebagai inisiasi bisnis di daerah ini,” imbuhnya.
Kegiatan dilakukan dengan penyuluhan pelatihan dan demonstrasi pengolahan berbagai produk yang disampaikan oleh tim yaitu Penyuluhan tentang pangan dan gizi secara umum serta peranannya dalam mencegah virus corona dilakukan oleh Ir. Asmawati, M.P, Penyuluhan tentang tentang nilai gizi dan sifat fungsional kelor dalam meningkatkan imunitas dilakukan oleh Adi Saputrayadi, M.Si., Penyuluhan tentang Manfaat Kelor dipandu oleh Syirril Ihromi, MP, Penyuluhan tentang berbagai olahan produk berbasis kelor dilakukan oleh Ir. Hj Marianah dan Pelatihan pengolahan produk pangan yang difortifikasi dengan daun kelor (Susu jagung kelor, stik kelor, puding kelor, teh kelor) yang langsung dipandu oleh ketua Tim pelaksana Dr. Nurhayati, S.TP., M.P. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *