BUKA PASCASARJANA, UMMAT JALIN KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG


Mataram- Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), Dr. H. Arsyad Abd Gani M.Pd dengan Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR, M.S. selaku Rektor Universitas Brawijaya (UB), Malang menandatangani nota kesepahaman antara dua universitas pada hari Rabu, (14/10/2020). Acara yang diikuti dengan diskusi antara dua pihak ini dilakukan secara daring (dalam jaringan) melalui Zoom. Selain Rektor UMMAT beserta jajarannya dan Rektor UB, beberapa pihak lain juga turut mengikuti via zoom yaitu Dekan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UB dan Sekretaris Daerah NTB.

Kerjasama ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permintaan dari publik agar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UMMAT membuka program Pascasarjana, baik itu untuk jenjang Magister maupun doktoral, Selain itu, pemerintah daerah NTB juga meminta UMMAT agar membuka program pascasarjana tingkat doktoral khusus di bidang Administrasi Publik dikarenakan doktor di bidang administrasi publik  masih minim di lingkungan pemerintah, baik di tingkat Provinsi maupun kabupaten, namun kurangnya sumber daya dosen masih menjadi halangan. Maka dari itu, kerjasama dengan UB yang telah lama membuka pascasarjana di jurusan Administrasi Publik dapat menjadi pintu untuk UMMAT membuka program pascasarjana di jurusan tersebut.

“Begitu tingginya permintaan publik agar FISIP UMMAT membuka program pascasarjana, tapi kami menyadari keterbatasan sumber daya dosen kami dan kami harap dapat bekerjasama dengan UB untuk merintis program ini karena dua dari dosen kami merupakan alumni doktoral di UB. Dan beberapa waktu lalu kami diundang oleh pemerintah provinsi NTB untuk menjajaki kerjasama agar UMMAT bisa membuka program pascasarjana doktoral khusus di bidang Administrasi Publik karena kebanyakan pegawai di lingkungan provinsi maupun kabupaten kebanyakan kuliah di bidang hukum dan gubernur menginginkan adanya pejabat doktoral dari bidang administrasi publik”, jelas rektor UMMAT.

Pihak dari UB kemudian menyambut dengan baik kerjasama dengan UMMAT. Wakil Rektor UB, Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES. mengatakan bahwa UB dengan senang hati akan menyambut baik dosen-dosen dari UMMAT untuk melanjutkan studi doktoral di UB dan juga agar kerjasama yang telah terjalin ini dapat berjalan dengan baik.

“Kedepannya semoga Fakultas Ilmu Administrasi dapat membantu Universitas Muhammadiyah Mataram agar dosen-dosen dapat melanjutkan studi di sini. Semoga MoU yang telah ditandatangai bersama ini akan aktif dilaksanakan dengan kegiatan-kegiatan kedepannya”, ungkap Wakil Rektor UB.(KF)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *