3050 MAHASISWA UMMAT IKUTI PROGRAM SERTIFIKASI BACA QUR’AN SECARA VIRTUAL


Mataram – Lembaga Pengkajian, Pengamalan, dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Mataram (LP3IK UMMAT) melaksanakan program pembinaan Sertifikasi Baca Quran Virtual (SEQURAL) pada tahun ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, program ini dilaksanakan secara tatap muka namun dikarenakan pandemi yang masih berlangsung maka program diadakan secara virtual. Pembukaan program dilakukan pada Rabu, 17/2/2021. Mahasiswa dapat mengikuti melalui zoom meeting, facebook live atau youtube channel UMMAT.

Program SEQULAR merupakan program pembelajaran Al-qur’an yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa bergama Islam dan pada tahun ini diikuti sebanyak 3050 orang mahasiswa angkatan tahun ajaran 2019/2020 dan tahun ajaran 2020/2021. Mereka kemudian dibagi menjadi 54 kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 50 mahasiswa dari berbagai program studi dan akan dibimbing oleh 17 tutor yang sudah berpengalaman.

Selama dua hari ke depan, mahasiswa peserta SEQULAR akan mengikuti webinar dengan topik-topik seputar tuntunan praktis belajar Al-qur’an menggunakan Buku Ajar Al-Qur’an At-Tanwir yang disusun oleh LP3IK UMMAT. Setelah mengikuti webinar para peserta akan dibimbing dan didampingi oleh para tutor hingga mereka lancar membaca Al-Qur’an kemudian akan dinilai makhorijul huruf, fashohah tartil serta penguasaan tajwidnya, kemudian apabila lulus akan diberi sertifikat yang dibutuhkan untuk kegiatan-kegiatan kampus kedepannya seperti Praktek Kerja Lapangan (PKL), Program Pengalaman Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Nyata (KKN) hingga wisuda nanti. Para peserta diberi waktu hingga tanggal 31 Maret 2021.

Rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd yang berkesempatan membuka program secara resmi menyampaikan bahwa membaca Al-qur’an dengan baik sudah menjadi kewajiban setiap muslim, bahkan tidak hanya membaca namun juga memahami arti dari ayat-ayat Al-qur’an tersebut. Ia berharap agar mahasiswa aktif menjalani program hingga akhir.

“Program sertifikasi Al-Qur’an ini merupakan sebuah bentuk dakwah di kampus ini agar memastikan bahwa setiap mahasiswa dapat membaca Al-qur’an dengan baik dan benar,” ujarnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *