MAPALA UMM GELAR KEMAH DAKWAH BAKTI SOSIAL


Mataram – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Universitas Muhammadiyah Mataram mengadakan Kemah Dakwah Bakti Sosial yang dilaksanakan di Dusun Dangiang Timur, Desa Dangiang Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis, 3-4/2/2021 dan diikuti oleh anggota MAPALA. Kali ini, tema yang diusung adalah “Tanam Sebatang Pohon Petik Sejuta Kebaikan”.

Dadang Hargadang selaku ketua Mapala menyampaikan bahwa Kemah Dakwah ini merupakan program tahunan MAPALA dengan tujuan untuk mengasah cara hidup bermasyarakat dengan harapan agar kegiatan ini akan terus berlanjut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk menjalin silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat. Selain itu, Wahyudin sebagai ketua panitia kemah dakwah tahun ini menjelaskan beberapa kegiatan yang mereka laksanakan selama acara berlangsung

“Kami melakukan gotong royong bersama masyarakat, membagikan Al-qur’an dan juga alat shalat kepada mereka. Selain itu, kami juga melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon dengan melibatkan masyarakat di lingkungan mereka, Alhamdulillah kami mendapat dukungan baik dari kampus, alumni maupun Dinas Lingkungan Hidup,” ujarnya.

Dewan pembina MAPALA, Muslim, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran untuk mengenal hidup bermasyarakat secara berdampingan. Ada proses penanaman pendidikan kemasyarakatan bagi anggota MAPALA yang mengikuti kegiatan tersebut. Pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini diadakan selama tujuh hari namun dikarenakan pandemi disingkat menjadi 2 hari dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, jiwa kemasyarakatan pada diri mahasiswa akan terbentuk karena pada dasarnya kita semua hidup berdampingan dan harus saling banhu-membahu,” pesannya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh kepada dusun Dangiang Timur yang berkesempatan hadir, ia mengapresiasi kegiatan MAPALA UMM kali ini, ia juga bersyukur karena MAPALA UMM telah memilih dusun mereka sebagai pusat kegiatan tersebut.

“Saya sebagai perwakilan masyarakat mengucapkan terima kasih atas diadakannya kegiatan ini dan segala bentuk bantuan yang telah diberikan akan kami manfaatkan sebaik mungkin,” ujarnya.

Wakil Rektor III, Hafsah, M.Pd yang hadir dalam kegiatan penghijauan juga berharap bahwa anak didik di desa Dangiang dapat memanfaatkan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang telah dirintis oleh Muhammadiyah untuk masyarakat yang ada di KLU.

“Masyarakat juga dapat memanfaatkan amal usaha Muhammadiyah yang lain baik dari bidang kesehatan maupun pendidikan yang semoga membantu masyarakat agar terus maju,” harapnya.  (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *