1173 MAHASISWA BARU UMMAT ANTUSIAS IKUTI PKKMB SECARA DARING


Mataram- Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) memutuskan untuk menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara online dikarenakan pandemi yang belum mereda. Sebanyak 1173 mahasiswa baru dari 7 fakultas mengikuti rangkaian acara pembukaan PKKMB dengan tertib hingga selesai. Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan selama dua hari, Senin-Selasa, 5-6 Oktober 2020.  

Pembukaan kegiatan dihadiri oleh Rektor UMMAT, para Wakil Rektor, Dekan dan wakil dekan di lingkungan UMMAT. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa dan Ketua KORKOM Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) juga turut serta dalam acara pembukaan PKKMB sekaligus memberi sambutan selamat datang kepada para mahasiswa baru di kampus Universitas Muhammadiyah Mataram. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Imansyah berharap agar para mahasiswa bersyukur dapat melanjutkan studinya dan agar mereka belajar bersungguh-sungguh.

“Tidak semua orang dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka kalian haruslah bersyukur dapat mekanjutkan studi dan tugas kalian adalah belajar dengan sungguh-sungguh”, sambut ketua BEM

Demikian juga Ketua Korkom IMM UMMAT, Ainul Muwaris turut memberikan sambutan meriah dengan menyapa seluruh mahasiswa baru dan menggelorakan semangat mahasiswa baru sebagai kader dakwah untuk masa depan bangsa. Ia mengajak para mahasiswa baru untuk aktif berorganisasi.

“Alangkah baiknya adik-adik nanti untuk aktif berorganisasi karena dalam organsasi kita juga belajar hal-hal yang tidak kita dapatkan di dalam kelas”, ungkap ketua korkom

Selain itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, BA., M.B.A  juga memberi sambutan secara virtual berdasarkan video yang telah diunggah untuk PKKMB seluruh mahasiswa se-Indonesia, beliau berharap walaupun dengan belajar secara daring di tengah-tengah pandemi tetap dapat memicu kreativitas. Beliau juga menyampaikan tentang program Kampus Merdeka dimana mahasiswa dapat melakukan kegiatan di luar kampus seperti mengajar di desa namun akan tetap terhitung sebagai SKS dalam mata kuliah. Program ini diharapkan dapat meningkatkan inovasi dalam pembelajaran.

“Kampus merdeka yang memerdekakan pendidikan untuk meningkatkan budaya pembelajaran berinovasi yang juga memantik ruh mindset bagi penerus bangsa”, ungkapnnya

Kegiatan PKKMB dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram, Dr. H Arsyad Abd Gani, M.Pd. Dalam sambutan pembukaannya beliau berpesan agar mahasiswa tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kebenaran, kejujuran dan norma-norma agama di tengah-tengah menurunnya etika dan moral di bangsa ini.

“Etika dan moral bangsa ini sedang menurun dan tugas kalian para mahasiswa adalah untuk tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kebenaran, kejujuran dan norma-norma agama”, ungkapnya.

Setelah pembukaan, mereka diberikan berbagai macam materi yang ditujukan agar mereka lebih mengenal tentang kehidupan kampus, diantaranya: materi yang berkaitan dengan sistem pengelolaan bidang akademik, sistem pengelolaan sarana dan prasarana, dan sistem pembinaan kemahasiswaan dengan nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Setelah penyampaian materi baru perkenalan dengan lembaga kemahaiswaan di lingkungan UMMAT. Demikian juga dengan kegiatan di hari kedua khsusus perkenalan di tingkat fakultas. (KF)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *