Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan wirausaha di kalangan mahasiswa dengan menyelenggarakan pelatihan inovasi dan pengembangan pemasaran produk. Pelatihan ini merupakan bagian dari Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) tahun 2024 dan ditujukan khusus bagi mahasiswa yang telah menerima hibah dari program tersebut.

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat keterampilan dan pengetahuan para mahasiswa dalam mengembangkan dan memasarkan produk wirausaha mereka. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga memberikan pelatihan praktis yang langsung dapat diimplementasikan dalam usaha yang tengah dijalankan oleh para mahasiswa.

Panitia Penyelenggara, Hamdi, S.HI., L.LM., menekankan pentingnya peran mahasiswa sebagai motor penggerak perekonomian melalui inovasi dan kreativitas yang mereka miliki. “Pelatihan ini adalah salah satu bentuk nyata dukungan UMMAT terhadap pengembangan wirausaha di kalangan mahasiswa. Kami percaya bahwa dengan pengetahuan yang tepat dan semangat yang tinggi, mahasiswa mampu menciptakan produk yang inovatif dan memiliki daya saing di pasar”, ujarnya dengan penuh harap.

“Program P2MW merupakan dukungan konkret pemerintah melalui Kemenristekdikti terhadap pengembangan kewirausahaan bagi generasi muda terutama mahasiswa yang mana mereka diharapkan sebagai penggerak ekonomi terlebih setelah mereka lulus kuliah”, tambahnya.

Fuad Andhika Rahman, S.Pi., M.Sc., seorang narasumber berpengalaman di bidang inovasi dan pemasaran produk, dihadirkan untuk memberikan materi yang komprehensif. Fuad, yang dikenal sebagai pakar dalam pengembangan produk dan strategi pemasaran, memberikan berbagai wawasan penting kepada para peserta mengenai bagaimana cara menghadirkan produk yang inovatif sekaligus memiliki nilai jual yang tinggi.

Ia menekankan pengembangan produk harus didasarkan pada riset pasar, ideation, prototype, uji coba pasar, dan peluncuran, langkah-langkah ini harus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan keberlanjutan usaha.

“Mahasiswa perlu memahami bahwa inovasi adalah kunci untuk menciptakan produk yang unik dan berbeda dari kompetitor. Namun, inovasi saja tidak cukup. Strategi pemasaran yang tepat adalah elemen penting lain yang menentukan sukses tidaknya sebuah produk di pasaran,” jelasnya. Ia juga menambahkan bahwa pemahaman mendalam tentang pasar dan perilaku konsumen adalah hal yang tidak bisa diabaikan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif.

Ia juga membagikan beberapa studi kasus yang relevan, di mana inovasi dan strategi pemasaran yang efektif telah membawa produk-produk tertentu meraih kesuksesan besar. Melalui studi kasus ini, mahasiswa diajak untuk menganalisis faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan produk tersebut, serta bagaimana mereka bisa mengaplikasikan pembelajaran tersebut dalam bisnis mereka sendiri.

Pelatihan ini tidak hanya diisi dengan pemaparan materi, tetapi juga dengan diskusi interaktif dan sesi tanya jawab. Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi, dan mereka menyatakan bahwa pelatihan ini memberikan banyak wawasan baru yang bermanfaat. Salah satu peserta, Tiara Tim hibah P2MW, mengungkapkan, “Pelatihan ini benar-benar membuka wawasan saya tentang pentingnya inovasi dan strategi pemasaran yang efektif. Saya sekarang lebih percaya diri untuk mengembangkan usaha saya dengan pendekatan yang lebih professional”, ungkapnya.

Rektor UMMAT, Drs. Abdul Wahab, MA., menyampaikan harapannya agar mahasiswa penerima hibah P2MW dapat terus mengasah keterampilan mereka dan membawa produk-produk inovatif yang mampu bersaing di pasar global. “UMMAT akan terus mendukung dan memberikan fasilitas terbaik bagi para mahasiswa untuk berkembang. Kami yakin, dengan semangat yang ada, kalian akan mampu menjadi pionir-pionir wirausaha yang sukses”,tutupnya (HUMAS UMMAT).