UMMAT MERESMIKAN DIGESTER BIOGAS LIMBAH CAIRAN TAHU


Mataram – Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menggelar peresmian sekaligus serah terima model digester biogas limbah cairan tahu yang dilaksanakan pada Rabu, 6/1/2021 di Karang Plampit, Abian Tubuh Baru Kota Mataram. Acara ini dihadiri langsung oleh walikota Mataram, H. Ahyar Abduh, Rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd beserta Dekan Fakultas Pertanian (FAPERTA) Ir. Asmawati, MP beserta jajarannya. Turut hadir juga di acara tersebut ketua BAZNAS Kota Mataram dan kepala lingkungan di wilayah Sandubaya.

Pembuatan digester ini diawali dari sosialisasi yang digelar oleh BAZNAS pada bulan Oktober lalu yang mendatangkan dosen dari FAPERTA UMMAT sebagai pemateri, kegiatan kemudian berlanjut pada November dimana peletakan batu pertama untuk pembuatan digester biogas dilaksanakan di tempat yang sama.

Dekan FAPERTA UMMAT, Ir. Asmawati, MP berlapang dada karena akhirnya digester biogas sudah dapat digunakan, ia berharap proyek ini akan terus berlanjut dan tidak berhenti ditempat karena limbah tahu lebih baik dimanfaatkan daripada dibuang dan merusak lingkungan.

“Selain merusak lingkungan, limbah tahu juga mempunyai bau yang sangat menyengat jadi lebih baik kalau dimanfaatkan karena selain dijadikan biogas sebenarnya limbah tahu mempunyai banyak alternatif untuk pengolahannya,” Imbuhnya

Selain itu, walikota Mataram, H. Ahyar Abduh berterima kasih kepada UMMAT karena telah bekerja keras untuk mewujudkan program digester biogas di Kota Mataram. Ia berharap agar program ini dikembangkan lebih luas di Kota Mataram nantinya.

“Limbah tahu tempe ini memang menjadi salah satu masalah di Kota Mataram jadi saya mengucapkan terima kasih kepada UMMAT yang telah membantu Mataram untuk mengatasi masalah ini. Semoga kerjasama ini terus belanjut,” ucapnya

Acara kemudian dilanjutkan dengan uji coba memasak menggunakan kompor yang sudah menggunakan biogas sebagai bahan dasarnya. Uji coba dilakukan langsung oleh rektor UMMAT dan walikota Mataram.(HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *