LPPM UMMAT ADAKAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN BUMDES DI SUMBAWA


Mataram – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Mataram (LPPM UMMAT) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Jurumapin, Kecamata Buer Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini dilakukan pada Senin, 22/2/2021 oleh Ketua Divisi Penelitian LPPM, Dr. Ibrahim Ali, M.Sc. Pengabdian Masyarakat ini terfokus pada pendampingan pengelolaan Badan Usaha milik Desa (BUMDes) beserta tim yang dilaksanakan di Kantor Desa Jurumapin.
Dr. Ibrahim Ali, M.Sc menyampaikan bahwa tujuan diadakannya pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu meningkatkan perekonomian di Desa. Hadirnya BUMDes di daerah mereka seharusnya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar.
“Apabila dikelola dengan baik, maka BUMDes akan dapat menciptakan peluang sekaligus jaringan pasar yang mendukung kebutuhan warga di desa,” ujarnya.
Maka dari itu, pengelolaan BUMDes harus berjalan dengan lancar dan itu akan bergantung kepada sumber daya manusia di desa tersebut karena harapannya, BUMDes dapat menjadi pemasok kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi selama ini.
Sakiyatullah selaku manajer BUMDes Jurumapin menjelaskan bahwa saat ini pihaknya mengelola dua jenis usaha yaitu simpan pinjam dan pembelian hasil pertanian. BUMDes membeli hasil pertanian masyarakat yang kemudian dipasarkan melalui pihak ketiga dan saat ini mereka telah menjalin kerjasama dengan investor dari Lombok Timur.
“Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut karena tujuannya adalah untuk membantu pembangunan desa yang berkelanjutan,” harapnya.
Selain itu, Ahmad H Jamaluddin selaku kepala desa Jurumapin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak LPPM UMMAT yang telah melaksanakan kegiatan tersebut, ia berharap setelah ini pengelolaan BUMDes di Desa Jurumapin akan lebih maksimal.
“Apabila BUMDes dikelola dengan baik maka ekonomi masyarakat tentunya akan baik juga meskipun kita berada di tengah-tengah pandemi. Semoga dengan kegiatan ini pengelolaan BUMDes kami akan lebih baik,” ujarnya. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *