FIK UMMAT MENGGELAR PENINJAUAN KURIKULUM BERSAMA AIPKEMA


Mataram – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mataram (FIK UMMAT) menggelar workshop Peninjauan Kurikulum S1 Pendidikan Profesi Bidan bersama Asosiasi Intitusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah Aisyiyah (AIPKEMA).Kegiatan ini digelar secara virtual melalui zoom meeting dan diikuti oleh tim dari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), Rektor UMMAT, Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd. Wakil Rektor I UMMAT, Dr. Harry Irawan Johari, M.Sc dan Dekan FIK, APT. Nurul Qiyaam, M.FARM., KLIN beserta jajarannya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari dari Kamis, 4/2/2021 hingga Minggu, 7/2/2021 dan diikuti oleh civitas akademika di lingkungan FIK UMMAT.Setiap harinya, akan ada materi berbeda yang disampaikan oleh tim dari UNISA yaitu Prinsip Umum Penyelenggaraan Profesi dan Prinsip Assesment Di Profesiyang disampaikan oleh Dr. Mufdlilah, PD., S.SIT.,M.SC. Pada hari kedua, Konsep SD DIKTI Kurikulum Profesi dan Penyusunan RPS yang akan disampaikan oleh Ismarwati, S.ST.,SKM, MPH. sedangkan pada hari ketiga, Konsep Bimbingan, Prinsip Metodologi dan Kurikulum UNISA Institusional Muhammadiyah/AIK yang akan disampaikan oleh Herlin Firiani Kurniawati, S.SIT., M.KES dan Wahana Praktikum dan Paparan Kurikulum UNISA oleh Nidhatul Khofiyah, S.KEB.BD.,MPH untuk materi hari terakhir.

Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd selaku rektor UMMAT yang berkesempatan memberi sambutan mengingatkan bahwa bidan mempunyai tanggung jawab moral yang tinggi dalam masyarakat karena itu bidan harus profesional dalam pekerjaannya maka dari itu tugas Perguruan Tinggi khusunya di bidang ilmu kesehatan adalah menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional

“Semoga peninjauan kurikulum ini dapat menjadi penyempurnaan kurikulum yang sudah disusun,” harapnya.

Selain itu, Dekan FIK UMMAT juga mengucapkan terima kasih kepada tim kurikulum dari UNISA yang telah membantu FIK UMMAT yang telah mendukung kegiatan kali ini. Ia berharap ilmu dan motivasi yang didapat nantinya dapat dijadikan pencerahan untuk mengembangkan pendidikan S1 Pendidikan Profesi Kebidanan di UMMAT.

“Kebutuhan Kurikulum sekarang yang dinamis dan mengikuti perubahan zaman, ini menuntut kita untuk lebih adaptif dan menghasilkan alumni yang kompeten,” ucapnya. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *