FIK UMMAT GELAR PENGAMBILAN SUMPAH TENAGA KESEHATAN AHLI MADYA BAGI ALUMNI YANG LULUS UJI KOMPETENSI NASIONAL


Mataram – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) melaksanakan Pengambilan Sumpah Tenaga Kesehatan Ahli Madya Farmasi dan Ahli Madya Kebidanan. Kegiatan ini digelar di Aula lantai I gedung Rektorat UMMAT dan dihadiri oleh Pimpinan Daerah Ikatan Bidan Indonesia, Ketua Pimpinan Daerah Persatuan Ahli Farmasi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan para civitas akademika UMMAT.

Kegiatan digelar secara hybrid dengan dua metode yaitu offline dan online. Peserta mengikuti kegiatan secara tatap muka dan sebagian melalui zoom meeting sedangkan orang tua dapat menyaksikan secara online melalui zoom meeting atau live streaming youtube. Untuk peserta yang mengikuti acara secara tatap muka diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan seperti screening suhu tubuh saat memasuki ruangan, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, memakai masker dan facial shield. Total peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 78 orang yang terdiri dari 14 orang alumni prgram studi D3 Kebidanan dan 64 orang alumni D3 Farmasi.  

Para peserta yang mengikuti pengambilan sumpah sebelumnya telah lulus uji kompetensi nasional bagi tenaga kesehatan. Hal ini dilakukan agar alumni FIK dapat mencapai standar kompetensi lulusan dan memenuhi standar kompetensi kerja. Maka dari itu, UMMAT sebagai institusi terkait bertanggung jawab untuk melaksanakan pengambilan sumpah bagi para alumni yang telah lulus uji kompetensi tersebut karena nantinya, sertifikat kompetensi ini menjadi syarat untuk pengurusan Surat Tanda Registrasi tenaga kesehatan untuk praktek.

APT. Nurul Qiyaam, M.FARM., KLIN selaku dekan FIK UMMAT mengucapkan selamat kepada para alumni FIK yang lulus uji kompetensi nasional dan dapat mengikuti pengambilan sumpah, ia berharap bahwa nantinya mereka akan diterima di masyarakat sebagai tenaga kesehatan yang profesional, kompeten dan berdaya saing dengan nilai-nilai yang telah dibekali selama menempuh pendidikan.

“Di era Revolusi Industri 4.0 ini akan banyak menggunakan teknologi, jadi yang akan bertahan adalah mereka yang kreatif dan inovatif, maka dari itu tingkatkan soft skill dan hard skill kalian. Dan jangan lupa jaga nama baik almamater kampus kita,” pesannya.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor I, Dr. Harry Irawan Johari, M.Sc memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada para peserta pengambilan sumpah, ia mengingatkan untuk menggunakan keahlian mereka sebaik-baiknya demi kebaikan bersama.

“Memang terlihat gampang diucap namun sumpah ini mempunyai konsekuensi besar, gunakanlah sebaik-baiknya,” ujarnya.

Pengambilan sumpah dilakukan oleh Rohaniawan sebagai utusan dari Departemen Agama Kota Mataram dan ketua organisasi profesi masing-masing yaitu Wayan Mujungasih, S.ST., S.Sos. selaku ketua Pimpinan Daerah Ikatan Bidan Indonesia dan Mujiasih. A.Md, Farm. S.K.M selaku ketua Pimpinan Daerah Persatuan Ahli Farmasi NTB. Para peserta kemudia mengikuti kegiatan pengambilan sumpah dengan khidmat hingga akhir acara. (HUMAS UMMAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *